nusabali

Timnas Manfaatkan Saddil ‘Kuliti’ Kekuatan Malaysia

  • www.nusabali.com-timnas-manfaatkan-saddil-kuliti-kekuatan-malaysia

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy memanfaatkan Saddil Ramdani untuk ‘menguliti’ kekuatan timnas Malaysia.

JAKARTA, NusaBali

Bagi McMenemy info Saddil sangat berharga saat Indonesia menjamu Malaysia pada partai pertama Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9).

McMenemy memanggil Saddil setelah Greg Nwokolo cedera pada pemusatan latihan (training centre) sebelum Kualifikasi Piala Dunia 2022. Gelandang 20 tahun itu dipilih berkat penampilan bagusnya bersama Pahang FA di Liga Super Malaysia.

Pengalaman Saddil berkarier di Negeri Jiran bermanfaat bagi McMenemy untuk ‘mengulik’ kekuatan Malaysia. Peran eks pemain Persela Lamongan itu di Timnas Indonesia diibaratkan mirip dengan Irfan Bachdim.

McMenemy membawa Bachdim juga karena pemain Bali United itu pernah berkiprah di Liga Thailand bersama Chonburi dan Nakhon Ratchasima pada 2013 dan Ventforet Kofu serta Hokkaido Consadole Sapporo pada periode 2014-2016.

Pengetahuan Bachdim sangat berguna karena usai menjamu Malaysia, Indonesia berhadapan Thailand berselang lima hari. Bachdim diharapkan jadi sumber pengetahuan bagi McMenemy bagaimana cara mematikan Chanathip Songkrasin, nyawa Thailand yang kini berkarier di Liga Jepang bersama Hokkaido Consadole Sapporo, serta dua pemain Thailand lainnya yang berkiprah di J-League.

"Kurang lebih begitu. Sama dengan Irfan Bachdim yang pernah bermain di Thailand dan Jepang. Jadi, dia mengerti Chanathip Songkrasin," kata McMenemy.

"Ini tentang pengalaman yang dapat dimanfaatkan. Saat ini ada banyak pemain naturalisasi, belum tentu mereka akan jadi starter melawan Malaysia. Pemain berpengalaman dapat membagikan pengalaman saat latihan," tutur pelatih 41 tahun itu.

Itulah mengapa McMenemy banyak memanggil pemain senior di Timnas Indonesia. Pengalaman dan kepemimpinan mereka dibutuhkan untuk meredam kekuatan lawan. McMenemy berharap, pemain yang lebih berpengalaman dapat menularkan ilmunya kepada pemain lain. Termasuk, empat pemain naturalisasi yang tersisa, yaitu Victor Igbonefo, Stefano Lilipaly, Alberto Goncalves, dan Osas Saha. *

Komentar