nusabali

Maba Diminta Minum Air Lepehan Maba Lain

Ospek di Unkhair Jadi Viral

  • www.nusabali.com-maba-diminta-minum-air-lepehan-maba-lain

Kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) mahasiswa baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun (Unkhair), Maluku Utara, viral di media sosial.

JAKARTA, NusaBali

Dalam video itu terlihat mahasiswa baru disuruh antre untuk meminum air dari gelas air mineral kemudian meludahkannya kembali ke gelas tersebut. Setelah itu, air yang sudah diludahi kemudian diminum kembali oleh mahasiswa lain yang antre di belakang.

Dalam video yang diunggah pemilik akun Facebook atas nama Fachri Magfirah, sebagian besar mahasiswa ragu untuk meminumnya, namun tetap saja mereka lakukan.

Aksi lainnya adalah mahasiswa menaiki beberapa anak tangga, sementara panitia menghitungnya agar mereka lebih cepat sampai ke atas. Para calon mahasiswi baru juga harus berjalan jongkok melewati selangkangan seniornya untuk sampai ke atas. Warganet mengecam aksi perpeloncoan tersebut. Akun atas nama Supriadi Tsaqib menyebut, aksi ini mirip pendidikan militer.

“Ospek mahasiswa ap pendidikan meiliter sih….?? Kok pri kemanusiaan nya nggk ad sama sekali…..Trus kalo ospek ny begini hasil nya ap coba???,’ tulis Supriadi dalam komentarnya seperti dilihat kompas.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismunandar, menyesalkan peristiwa itu. Dia mengatakan kegiatan perploncoan yang terjadi di Unkhair tidak boleh terulang.

"Kejadian seperti ini tidak dapat ditoleransi dan tidak boleh terjadi di kampus," kata Ismunandar saat dihubungi.

Ia mengatakan Kemenristekdikti sudah berkomunikasi dengan pihak Unkhair. Menurut Ismunandar, rektorat Unkhair telah menindak oknum mahasiswa pelaku perploncoan itu sesuatu aturan kampus.

"Kami sudah kontak dan benar itu terjadi di Universitas Khairun. Mahasiswa yang melakukan sudah minta maaf dan rektor telah menindak sesuai dengan peraturan akademiknya," jelasnya seperti dilansir detik.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Khairun Ternate meminta maaf atas kegiatan ospek yang mengandung perbuatan tak terpuji oleh mahasiswa senior terhadap mahasiswa baru.

Melalui akun Instagram miliknya, @mahasiswaunkhair, BEM Universitas Khairun Ternate menyebutkan, aksi itu dilakukan pada kegiatan orientasi mahasisa baru yang digelar Kamis (29/8) kemarin.

Rektor Unkhair Ternate, Husen Alting melalui rilisnya mengatakan, pihak kampus telah memberikan sanksi kepada empat orang mahasiswa senior yang terlibat secara langsung dalam kejadian tersebut.

 “Kami selaku pimpinan Unkhair menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut sekaligus mengutuk keras perbuatan yang dilakukan itu,” kata Husen.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ditemukan empat orang mahasiswa senior yang terlibat secara langsung dalam kejadian tersebut yakni berinisial AE, FSMA, LM dan NSF, yang semuanya adalah mahasiswa pada Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan.

 “Terhadap oknum mahasiswa dengan inisial AE diberikan sanksi berupa skorsing perkuliahan selama 2 semester. Sedangkan oknum mahasiswa dengan inisial FSMA, LM dan NSF masing-masing diberikan sanksi skorsing selama 1 semester,” tulis Husen Alting dalam rilisnya. *

loading...

Komentar