nusabali

Pura Jagatnatha Tuntas Diperbaiki

  • www.nusabali.com-pura-jagatnatha-tuntas-diperbaiki

Palinggih Pura Jagatnatha Amlapura yang sempat punggel (terpotong) saat gempa sudah tuntas diperbaiki.

AMLAPURA, NusaBali

Upacara melaspas, rsi gana, dan piodalan diagendakan pada Purnama Katiga, Saniscara Paing Merakih, Sabtu (14/9) mendatang. Keputusan itu diambil dalam rapat panitia di Pura Jagatnatha, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Jumat (30/8).

Ketua Panitia Piodalan yang juga Plh Sekda Karangasem, I Made Sujana Erawan, mengatakan pada tahun 2018 sempat tidak menggelar piodalan karena palinggih belum diperbaiki. Mudra palinggih Pura Jagatnatha punggel dan patung garuda yang ada di belakang roboh. Keduanya telah dilakukan perbaikan dan kembali seperti semula. “Selama palinggih Pura Jagatnatha belum diperbaiki, maka pada tahun 2018 sempat tidak menggelar piodalan. Kali ini perbaikan tuntas, piodalan diagendakan kembali untuk dilaksanakan,” kata Sujana Erawan.

Hal senada dipaparkan Kabag Kesra Setda Karangasem, I Gede Basma. “Selain piodalan juga melaspas palinggih dan rsi gana,” jelas Gede Basma. Piodalan tahun ini tidak skala besar. Piodalan skala besar dilaksanakan tahun 2020. Pamangku Pura Jagatnatha, Ida Mangku Bagus Mukur Muka, mengatakan piodalan besar di Pura Jagatnatha setiap tiga tahun sekali. Terakhir piodalan tahun 2017, nantinya kembali dilaksanakan tahun 2020.* k16

Komentar