nusabali

PD Pasar Tunggu Kesiapan Lokasi

Pemindahan Pedagang Bermobil

  • www.nusabali.com-pd-pasar-tunggu-kesiapan-lokasi

Pemindahan pedagang bermobil yang berjualan di Jalan A Yani Singaraja, masih menunggu kesiapan lokasi yang berada di areal Kolam Renang Nirmala Asri, sebelah barat Jembatan Banyumala, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali

Para pedagang sendiri tidak mempermasalahkan pemindahan tersebut. “Kami sudah sosialisasi kepada para pedagang bermobil, dan mereka menyatakan siap dipindah asalkan dapat tempat berjualan,” kata Direktur Umum (Dirut) PD Pasar, Made Agus Yudiarsana, Jumat (30/8).

Dikatakan, pemindahan para pedagang bermobil ke lokasi areal Kolam Renang akan dilakukan setelah lokasinya siap. Kesiapan lokasi akan diketahui setelah ada surat dari Pemkab Buleleng untuk pemanfaatan areal tersebut yang disampaikan kepada PD Pasar. “Kami sifatnya menunggu sekarang, kalau lahannya dinyatakan sudah siap. Tentu kami akan segera pindahan pedagang bermobil itu,” jelas Agus Yudiarsana.

Sementara pantauan di lokasi pemindahan di areal Kolam Renang Nirmala Asri, terlihat masih ada pekerjaan pemadatan lahan. Karena tadinya lokasi berada di bawah ruas jalan sehingga perlu diurug dan dipadatkan. Selain pengurugan dan pemadatan, ada juga pekerjaan yang sudah rampung yakni penguatan bantaran Tukad Banyumala.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buleleng, Ketut Suparta Wijaya mengatakan, pemadatang itu masih perlu dilakukan mengantisipasi musim penghujan agar lokasinya tidak becek. Sehingga kemiringan dan pembuangan air juga harus dipertimbangkan, sehingga air tidak menggenangi areal. “Lokasi belum siap, masih ada pemadatan dan penataan agar air tidak menggenang saat musim penghujan nanti,” katanya.

Pemindahan para pedagang bermobil ke lokasi areal Kolam Renang Nirmala Asri menyusul situasi krodit di ruas Jalan A Yani Singaraja, tepatnya di Patung Sapi. Masalahnya, pedagang bermobil ini memanfaatkan sebagian dari badan jalan hingga kerap menimbulkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Situsi tersebut dikhawatirkan akan semakin parah ketika pembangunan fisik Pasar Banyuasri telah dimulai. Karena dalam pembangunan fisik Pasar Banyuasri itu, aktivitas keluar masuk kendaraan bermuatan materal akan cukup tinggi.

Lokasi pemindahan dekat dengan Tukad Banyumala merupakan lahan kosong dimana posisinya agak dibawah, sehingga perlu penataan lebih lanjut. Kini Dinas PUPR telah mengurug lokasi tersebut agar lebih rata. Penggurugan tersebut diperkirakan membutuhkan sekitar 3.000 meter kubik tanah urug. *k19

loading...

Komentar