nusabali

Angkatan Laut Chile Bersihkan Pantai Mertasari

  • www.nusabali.com-angkatan-laut-chile-bersihkan-pantai-mertasari

Tak sekadar bersandar di Bali, tapi awak kapal AL Esmeralda berbendera Chile menunjukkan kepedulian pada lingkungan.

DENPASAR, NusaBali.com
Sebanyak 280 orang, terdiri dari kru kapal ‘Esmeralda’ dan calon taruna Angkatan Laut Chile, melakukan aksi bersih-bersih sampah plastik di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Jumat (30/8/2019). “Kami membawa pesan tidak hanya untuk Chile dan Indonesia saja. Mari bekerja sama untuk kelestarian lingkungan,” pesan Claudio Maldonado Naveas, Kapten AL Esmeralda.

Aksi bersih-bersih bersama Kemenko Bidang Kemaritiman melibatkan pula Dinas Lingkungan Hidup Kota Denpasar, masyarakat, pelajar, dan komunitas. Hasilnya, berhasil mengumpulkan ratusan kilogram sampah plastik dan ribuan puntung rokok.

Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin mengatakan, aksi ini sekaligus menindaklanjuti kerja sama Indonesia dengan Chile pada bidang kemaritiman dan lingkungan. “Pemerintah Chile menaruh perhatian besar soal penanganan sampah ini lewat pembahasan sejumlah pertemuan internasional. Mereka juga mengusulkan untuk bisa bekerja sama dalam penanganan sampah,” ucapnya.

Safri Burhanuddin menegaskan bahwa isu sampah plastik, terlebih yang berada di lautan bukan hanya isu satu negara saja. “Sampah itu bisa beredar ke berbagai negara karena laut tidak ada batasnya,” tegasnya. Bahkan pertemuan APEC tahun ini yang akan dilaksanakan di Chile dan rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo menjadi salah satu agenda besar Indonesia bersama Chile. 

“Pertemuan ini akan meningkatkan kerja sama Chile dan Indonesia, terlebih pada isu ekonomi dan lingkungan,” lanjut Safri Burhanuddin.

Tak hanya itu, kerja sama antara Indonesia dengan Chile di bidang kelautan dan perikanan pun bisa dikembangkan. Kerja sama mengenai penanganan penangkapan ikan ilegal dan pencemaran laut.

Di samping itu kerja sama dalam mitigasi bencana karena Indonesia dan Chile memiliki kondisi geologi yang relatif sama. “Chile ada gunung api aktif, di sana ada gempa bumi dan tsunami juga,” paparnya.

Kapal Angkatan Laut ‘Esmeralda’ sendiri melakukan pelayaran yang melintasi sejumlah negara selama tujuh bulan sejak Juni 2019 hingga Januari 2020. Negara yang dilewati antara lain Australia, Selandia Baru, Indonesia, China, Jepang, Hawaii, dan negara-negara lainnya. Pelayaran ini dilaksanakan sekaligus untuk melatih kemampuan dan keahlian calon taruna angkatan laut dari Chile ini.

Aksi bersih Pantai Mertasari turut dihadiri Duta Besar Chile Gustavo Ayares, Asisten Deputi Pendayagunaan Iptek dan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Nani Hendiarti dan Asisten Deputi Bidang Jejaring Inovasi Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, Latief Nurbana.*zky

Komentar