nusabali

Peserta Lelang Jabatan Ikuti Tes Penulisan Makalah

  • www.nusabali.com-peserta-lelang-jabatan-ikuti-tes-penulisan-makalah

Setelah selesai mengikuti tes assesment, 18 pelamar lelang jabatan empat kepala dinas mengikuti tahapan penulisan makalah di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan, Rabu (28/8).

TABANAN, NusaBali

Penulisan makalah dilakukan manual di mana pelamar menulis langsung di lembar yang telah disediakan.

Pantauan NusaBali, Rabu pagi seluruh pelamar hadir. Dengan berpakaian kemeja putih dan bawahan hitam mereka terlihat serius mengikuti tahap tes penulisan makalan ini. Tema makalah yang ditentukan panitia seleksi (pansel) adalah 'Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Berwibawa Sesuai dengan Visi Misi Tabanan Serasi’.

Kepala Badan Pengembangan dan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tabanan, Wayan Sugatra, mengatakan penulisan makalah dilakukan sesuai jadwal. Seluruh peserta hadir mengikuti penulisan makalah tahapan lelang jabatan eselon IIB ini. "Sekarang tahapannya penulisan makalah dengan sistem close book berdasarkan pemikiran sendiri, tidak boleh peserta membawa alat komunikasi, buku dari rumah dan penyimpanan data," ungkap Sugatra.

Diterangkannya, penulisan makalah yang ditulis sesuai dengan level jabatan yang dilamar. Makalah yang sudah ditulis langsung akan dipresentasikan, Kamis (29/8) hari ini di hadapan Pansel di Kantor Bupati Tabanan. Pada seleksi sebelumnya makalah boleh dibuat di rumah, kali ini makalah langsung ditulis di tempat seleksi terbuka.  

"Makalah yang ditulis sesuai dengan level jabatan. Artinya bagaimana inovasi pelamar terhadap jabatan yang dilamar kemudian ketika terpilih dapat mengaplikasikan sehingga terwujud pelayanan publik sesuai dengan visi misi Tabanan serasi," tegasnya.

Sugatra menjelaskan selain tahapan penulisan makalah Rabu siang sekitar pukul 13.00 WITA juga dilakukan tes rekam jejak. Tes rekam jejak dilakukan 360 derajat artinya dilihat dari siapa atasannya, siapa mantan bawahannya, siapa teman dekatnya. "Dalam tes rekam jejak dan penulisan makalah tidak ada gugur, yang menggugurkan itu adalah seleksi administrasi," katanya.

Dia menambahkan tahapan seleksi selanjutnya, Kamis (29/8) dilakukan tes presentasi dan wawancara oleh pansel. Seleksi dilakukan di Kantor Bupati Tabanan. " Besok (hari ini) makalah yang sudah dibuat dipresentasikan di hadapan pansel setelah itu dilanjutkan dengan tes wawancara," bebernya. Setelah tahapan ini selesai Sugatra menyatakan akan memplenokan hasil seleksi terbuka antara tanggal 30 dan 31 September, kemudian baru diumumkan. "Ya secepatnya kami akan umumkan," akunya.

Adapun 18 pejabat yang merebutkan kursi empat kadis, yakni pejabat yang melamar Kepala Dinas Perhubungan ada empat orang. Mereka adalah  Camat Selemadeg Timur, I Gusti Ngurah Darma Utama, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) I Ketut Suarsana, Kabag Organisasi Setda Tabanan I Gusti Nyoman Suarya, dan Sekretaris Satpol PP Tabanan I Putu Abdi Suprapja.

Sementara 4 pejabat yang melamar di Kepala Dinas Pariwisata adalah Camat Kerambitan I Gede Sukanada, Camat Tabanan I Putu Arya Suta, Camat Pupuan I Putu Agus Hendra Manik Astawa dan Camat Kediri I Made Murdika.

Kemudian 4 pejabat yang melamar di Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan adalah Kabag Humas Setda Tabanan I Putu Dian Setiawan, Sekretaris Dinas Komunikasi dan informatika I Wayan Suradigama, Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Tabanan, I Nengah Wisnu Wardana dan Kabag Tata Pemerintahan Setda Tabanan I Wayan Yelada.

Sebanyak 6 peserta yang lolos administrasi melamar di Kepala Dinas Pendidikan Tabanan adalah Camat Baturiti I Ketut Ridia, Kabag Umum Setwan Tabanan I Nyoman Putra, Sekretaris BKPSDM I Wayan Arimbawa, Kabag Pembangunan AA Ngurah Agung Satya Tenaya dan Wakil Direktur Pelayanan,  Pengendalian Mutu BRSUD Tabanan Ni Luh Gede Sukardiasih dan Sekertaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) I Wayan Sukanrayasa. *des

Komentar