nusabali

Dishub Siapkan 220 LPJ di 7 Kecamatan

  • www.nusabali.com-dishub-siapkan-220-lpj-di-7-kecamatan

Penanganan lampu penerangan jalan (LPJ) di Gianyar menjadi perhatian Dinas Perbuhubungan (Dishub) Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Tahun ini, Dishub menyiapkan 220 LPJ untuk tujuh Kecamatan.  Kadishub Gianyar I Wayan Suamba mengungkapkan hal itu, Rabu (28/8). Untuk pemasangan LPJ di 2019 ini, dia menyiapkan 220 lampu, meliputi di Kecamatan Sukawati 19 LPJ di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati. Untuk Kecamatan Ubud 15 LPJ pada ruas jalan di Desa Singakerta, Mas, Ubud dan Peliatan. Di seputaran Kecamatan Gianyar, petugas memasang 34 LPJ di jalan Tegaltuu, Kelurahan Semplangan dan di Desa Sumita. Petugas juga memasang 27 LPJ di Kecamatan Tampaksiring, dengan mengambil titik di Desa Pejeng Kangin dan Desa Tampaksiring. Kecamatan Blahbatuh petugas memasang 18 LPJ dengan mengambil lokasi di Desa Saba, Desa Blahbatuh dan seputaran Pantai Keramas.

Peling banyak petugas memasang LPJ di Kecamatan Payangan yakni mencapai 69 lampu. Puluhan lampu itu disebar di 12 LPJ di Desa Melinggih Kelod, 14 LPJ di Desa Bukian, 22 LPJ di Desa Puhu, 14 LPJ di Desa Buahan dan 7 LPJ di Desa Bukian. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut yang memang banyak kekurangan penerangan jalan saat malam. “Pengadaan hingga pemasangan LPJ ini kami lakukan secara bertahap, dengan menyasar daerah yang selama ini memang belum tersetuh, “ jelas Suamba.

Diakui, pihak desa/lurah se Kabupaten Gianyar memang banyak yang mengajukan permohonan. Bahkan permohoanan LPJ setiap tahunya rata-rata mencapai 1200-1500. Diungkapkan pula saat ini dari 25.000 titik kebutuhan LPJ, pihaknya masih kekurangan LPJ untuk 20 ribu titik. “ Kekurangan itu untuk ruas jalan kabupaten dan jalan desa, “ katanya.

Selain pemasangan lampu penerangan jalan yang baru di tujuh kecamatan itu, Dishub Gianyar juga rutin melakukan pemelillharaan, terhadap LPJ yang mati dibeberapa ruas jalan. “ Jadi selain pengadaan yang baru, kita juga rutin melakukan pemeliharaan, “ katanya.

Untuk LPJ yang lama padam di Bypass IB Mantra, wilayah Kabupaten Gianyar, Suamba mengaku masih berkoordinasi dengan Pemprov Bali. “ Sejak juli 2018 (LPJ di Bypaas IB Mantra, Red) sudah diserahkan dari kementerian PU ke Kementerian Perhubungan, lewat Kantor Balai di Denpasar, “ katanya.

Diungkapkan, di jalan Bypass IB Mantra meliputi Kota Denpasar, Gianyar dan Klungkung terdapat sekitar 500 lebih LPJ. Dari jumlah di wilayah Gianyar sekitar 360 LPJ. *nvi

Komentar