nusabali

Ada Prosesi Mendak Nabe, Jalan akan Ditutup Sementara

  • www.nusabali.com-ada-prosesi-mendak-nabe-jalan-akan-ditutup-sementara

Jalan Kecubung menuju Jalan WR Supratman sampai ke pertigaan Jalan WR Supratman-Jalan Sedap Malam, Denpasar akan ditutup total pada Sukra Umanis Merakih, Jumat (13/9) mendatang.

DENPASAR, NusaBali

Hal itu dikarenakan akan ada rangkaian upacara Rsi Yadnya yang akan digelar oleh Gria Gede Tegal Jinga, Denpasar. Penutupan dilakukan sekitar pukul 14.00 Wita-16.00 Wita karena akan dilakukan prosesi mendak IB Mantra yang akan menjadi Nabe, dari Gria Timbul Kesiman menuju Gria Gede Tegal Jinga di Jalan Kecubung.

Pengajeng Karya, Ida Pedanda Gede Putra Bajing, saat ditemui di Gria Gede Tegal Jinga, Rabu (28/8) mengungkapkan, Rsi Yadnya merupakan rangkaian dari karya agung Gria Gede Tegal Jinga. Dalam rangkaianya, karya agung tersebut menjadi dua kegiatan yakni Rsi Yadnya dan Manusa Yadnya. Manusa Yadnya sendiri digelar pada 10 September 2019 yakni metatah 5 orang dari gria dan diikuti 160 pengiring.

Saat Manusa Yadnya, Ida Pedanda mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan penutupan jalan melainkan hanya mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kekroditan. Penutupan baru akan dilakukan pada 13 September bertepatan dengan Rsi Yadnya, dimana penutupan tersebut dilakukan karena akan ada iring-iringan dari sisya nabe IB Mantra yang akan bergelar Ida Pedanda Gede Putra Tembau, asal Gria Aan, Banjarangkan, Klungkung yang akan dipendak dari Gria Timbul, Kesiman menuju prosesi acara di Gria Gede Tegal Jinga.

Dikatakan, IB Mantra dari Klungkung akan dipendak menggunakan mobil ke Gria Timbul Kesiman, setelah itu dari Kesiman akan dipendak menggunakan jempana atau gayot, yang akan langsung ke Gria Gede Tegal Jinga diiringi oleh sekitrar 3.000 sisya berjalan kaki, dengan alunan kidung, dan gong, dari pukul 14.00 Wita hingga sekitar pukul 16.00 Wita.

Dengan prosesi tersebut, dan banyakmya sisya yang ikut serta, jalan yang akan dilalui terpaksa ditutup sementara. Jika tidak, dipastikan kekroditan panjang akan terjadi. Penutupan jalan akan dilakukan dari Jalan Kecubung menuju perempatan Jalan Kenyeri-WR Supratman. "Dari WR Supratman ke arah timur hingga pertigaan Jalan Wr Spratman-Jalan Sedap Malam itu nanti yang akan ditutup total sementara," jelasnya.

Dengan penutupan tersebut pihaknya meminta permakluman kepada masyarakat jika dalam rangkaian upacara tersebut menyebabkan sedikit ada gangguan. "Kami mohon permakluman kepada masyarakat dari prosesi Manusa Yadnya sampai Rsi Yadnya nantinya kemungkinan akan mengalami kekroditan. Sebab puncak acara kami yakni mediksa pada tanggal 14 September 2019," ungkapnya. *mis

loading...

Komentar