nusabali

Guru SD Berprestasi Motivasi Siswa Beradu ke Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-guru-sd-berprestasi-motivasi-siswa-beradu-ke-tingkat-nasional

Seorang guru SDN 1 Semarapura Tengah, Klungkung, I Gusti Lanang Gede Putra Astawa berhasil meraih juara III Lomba Guru Berprestasi di Jakarta, 12-18 Agustus 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

Pengalaman ini ingin  dijadikan bahan untuk membimbing para siswa di sekolahnya agar bisa menembus lomba tingkat nasional.

"Harapan saya agar semakin banyak siswa atau guru yang bisa mengharumkan Klungkung di tingkat Nasional," ujarnya, Selasa (27/8). Dia mendapatkan juara 3. Juara 1 diperoleh oleh perwakilan Jogjakarta dan Juara 2 diperoleh oleh Sulawesi Selatan. Dia mengaku sangat bersyukur bisa memperoleh juara 3 mengingat saingan di tingkat Nasional yang sangat ketat.

Dalam lomba itu, Gusti Lanang membuat karya tulis ilmiah meningkatkan kemampuan literasi digital siswa melalui majalah online sekolah. “Ada tiga jenis penilaian yang diberikan. Yakni, tes tertulis, masing-masing peserta diberikan 100 soal tes kepribadian, 50 soal tes kompetensi profesional, 50 soal tes kompetensi pedagogik, dan 4 soal uraian tentang kasus,” ujarnya. Tes presentasi dan wawancara karya tulis. Masing-masing peserta diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan karya tulis yang dibuat. Juri kemudian memberikan pertanyaan terkait karya tulis yang disajikan. Penilaian selanjutnya portofolio, di mana seluruh portofolio peserta diskor untuk menentukan nilai portofolio nya.

Gusti Lanang sendiri berhasil maju ke tingkat nasional setelah menjadi wakil Kabupaten Klungkung dalam lomba guru berprestasi SD di tingkat rovinsi, setelah berhasil menjadi peringkat pertama dalam seleksi lomba guru berprestasi di Kabupaten Klungkung.

Berkat karya tulis mengangkat best practice yang berjudul ‘Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Melalui Widiasanti’. Yakni sebuah inovasi meningkatkan kompetensi literasi digital siswa melalui aplikasi Widiasanti. “Widiasanti merupakan majalah online sekolah di mana siswa dapat mengirimkan karya yang mereka buat ke majalah tersebut,” ujarnya. *wan

loading...

Komentar