nusabali

Wuih, Ada Robot Humanoid di Lapangan Renon!

  • www.nusabali.com-wuih-ada-robot-humanoid-di-lapangan-renon

Robot yang pernah menjuarai kompetisi di Australia ini bisa melakukan gerakan seperti halnya pemain bola, yakni menggiring dan menendang.

DENPASAR, NusaBali.com
Senin (26/8/2019) Lapangan Puputan Renon, Denpasar tampak ramai dipadati ratusan pengunjung. Mereka adalah pelajar, mahasiswa, anak-anak, hingga orangtua yang mengunjungi Ritech Expo 2019. Salah satu pengunjung adalah Komang Adnyana, siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Panjer. Ia terlihat antusias menyaksikan robot humanoid di stand Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama orangtuanya. 

Robot yang pernah menjuarai kompetisi Robocup Humanoid Soccer League di Australia bulan lalu ini dipamerkan di salah satu stand Ritech Expo 2019. Robot dikendalikan melalui laptop dan mampu melakukan gerakan seperti halnya pemain bola, yakni menggiring dan menendang.

Adalah Tim Ichiro, sekumpulan mahasiswa diploma dan sarjana ITS yang merancang robot ini. Sulaiman Ali, Ketua Tim Ichiro, menyampaikan robot humanoid ini adalah wujud dari pengembangkan ilmu robotika dan kecerdasan buatan. Ia mengatakan robot ini didemonstrasikan di Ritech Expo 2019 untuk mendekatkan pengunjung dengan dunia robot. “Terutama untuk anak-anak yang berkunjung, biar mereka termotivasi untuk mengembangkan teknologi robotika di Indonesia,” katanya.

Untuk diketahui, Ritech Expo merupakan pameran teknologi yang digelar Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan. Ritech Expo melibatkan 126 instansi dari Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Perguruan Tinggi hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ritech Expo digelar dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 dan berlangsung dari Minggu (25/8/2019) hingga Rabu (28/8/2019). 

Pameran menampilkan sejumlah produk hasil riset dan inovasi di bidang teknologi yang merupakan karya anak bangsa. Selain itu Ritech Expo juga menggelar seminar, talkshow, demo produk sampai dengan lomba. Pameran ini terbuka untuk masyarakat umum dan tidak dikenakan biaya.*zky

Komentar