nusabali

15 Sekaa Baleganjur Anak Tampil Memukau

  • www.nusabali.com-15-sekaa-baleganjur-anak-tampil-memukau

Serangkaian HUT ke-124 Kota Negara, Pemkab Jembrana kembali menggelar loma  baleganjur anak, Jumat (23/8) malam.

NEGARA, NusaBali

Lomba yang digelar di Stage Pura Jagatnatha Jembrana, itu ditampilkan sebanyak 15 Sekaa Baleganjur Anak, yang diantaranya terdiri dari 3 Sekaa Baleganjur tingkat SD dan 12 Sekaa Baleganjur tingkat SMP.

Adapun 3 Sekaa Baleganjur tingkat SD yang turut memeriahkan lomba baleganjur anak serangkaian hari jadi Kota Negara ke 124, ini masing-masing adalah sekaa dari SDN 5 Yehembang, Kecamatan Mendoyo, SDN 1 Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, dan SDN 1 Tukadaya, Kecamatan. Sedangkan untuk 12 Sekaa Baleganjur SMP yang tampil, masing-masing adalah sekaa dari SMPN 1 Negara, SMPN 3 Negara, SMPN 4 Negara, SMPN 1 Mendoyo, SMPN 2 Mendoyo,  SMPN 3 Mendoyo, SMPN 4 Mendoyo, SMPN 1 Melaya, SMPN 2 Melaya, SMPN 3 Melaya, SMPN 5 Melaya, dan SMPN  2 Pekutatan.

Sajian lomba baleganjur anak, ini pun mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Lomba baleganjur anak yang juga disaksikan langsung Bupati Jembrana, I Putu Artha, ini tamapak menjadi ajang yang cukup bergengsi. Di tengah-tengah penampilan sekaa, terdengar keriuhan dukungan antar suporter. Bahkan adu yel-yel dari para suporter, juga kerap berkumandang, dan menambah kemeriahan suasana di areal stage.     

Sekaa Baleganjur dari SDN 5 Yehembang yang mengawali penampulan dalam lomba malam, itu menyajikan garapan berjudul 'Abhinaya Swara Kumaragita'. Garapan tersebut, menampilkan kombinasu gerakan layaknya anak-anak yang sedang bermain. Gerakan tari yang dibawakan para anak-anak, ini spontan mendapat sambutan hangat dari penonton. Tidak jarang, tawa penonton juga pecah ketika melihat  aksi para anak-anak SD yang tampil begitu polos dan menggemaskan.

Tak kalah dengan Sekaa Baleganjur SD, saat memasuki penampilan Sekaa Baleganjur SMP, kemeriahan penonton semakin meluap. Diawali penampilan Sekaa Baleganjur dari SMPN 4 Mendoyo yang membawakan garapan tabuhan berjudul 'Bala Kumara'. Gerakan tari dalam 'Bala Kumara', itu mengekpresikan patrioisme dan semangat  pemimpin serta para pasukan muda yang cerdas, penuh loyalitas, totalitas, energik dan dinamis.

Tidak kalah menarik saat memasuki penampilan Sekaa Baleganjur dari SMPN Negeri 3 Negara dan SMPN 1 Negara.  Aksi adu yel-yel hingga chant tidak terhindarkan mengiringi penampilan masing-masing sekaa tersebut. Dukungan para suporter dari kedua SMP yang termasuk sebagai tuan rumah di Kota Negara, itu pun dibalas dengan penampilan apik masing-masing sekaa.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, Nengah Alit, mengatakan, selain memeriahkan HUT Kota Negara, lomba Baleganjur Anak ini  juga bertujuan agar generasi muda Jembrana  tetap mencintai seni budaya daerah, walau mereka hidup dalam era globalisasi yang mengedepankan seni modern. "Lomba ini akan dapat memacu diri agar lebih giat. Bagaimana generasi muda, khususnya di Jembrana  untuk mencintai seni dan budaya yang telah diwarisinya. Kegiatan ini tidak sekadar mengejar hadiah, namun yang terpenting adalah meningkatkan daya kreativitas di bidang seni, sekaligus menghidupkan sekehe baleganjur dimasing-masing sekolah," ucapnya.

Dalam lomba ini, Panitia menyiapkan hadiah uang kepada tiga pemenang di masing-masing kategori lomba Baleganjur tingkat SD dan SMP tersebut. Dimana u untuk juara I berhak atas hadiah sebesar Rp 7 juta, juara II Rp 6 juta, dan juara III Rp 5 juta. *ode

Komentar