nusabali

PDIP Sapu Bersih Ketua Komisi DPRD Bangli

  • www.nusabali.com-pdip-sapu-bersih-ketua-komisi-dprd-bangli

Di internal PDIP sendiri berkembang informasi kalau nama-nama yang diplot untuk ketua komisi sudah ada dan tinggal ditetapkan saja.

BANGLI, NusaBali

DPRD Bangli periode 2019-2024 didominasi oleh PDIP. Dari 30 kursi di DPRD Bangli, PDIP menempati 16 kursi dari hasil Pileg 2019. Dengan formasi ini, posisi ketua alat kelengkapan dewan (AKD) akan bisa disapu bersih PDIP. Aksi sapu bersih posisi ketua AKD, terutama ketua-ketua komisi oleh PDIP ini mencuat, bahkan nama-nama yang akan duduki posisi itu pun dikabarkan sudah disiapkan.

Menurut sumber di internal PDIP dengan raihan 16 kursi, maka sangatlah wajar seluruh ketua komisi di DPRD Bangli direbut PDIP. Seperti diketahui di DPRD Bangli terbagi menjadi tiga komisi. Jika penentuan posisi ketua komisi melalui voting akan dengan mudah dimenangkan PDIP. Dengan hitung-hitungan dari jumlah 16 kursi, dikurangi 1 untuk pimpinan DPRD Bangli, maka akan tersisa 15 kursi. Dari 15 tersebut dibagi tiga, maka tiap komisi akan dihuni 5 anggota dewan dari PDIP. “Dengan kekuatan 5 anggota di tiap- tiap komisi kami yakin untuk seluruh posisi ketua komisi akan direbut PDIP. Sangat wajar kalau posisi ketua komisi dari PDIP,” sebut  salah seorang anggota dewan asal Kecamatan Susut ini.

Sementara itu di internal PDIP sendiri berkembang informasi kalau nama- nama yang diplot untuk ketua komisi sudah ada dan tinggal ditetapkan saja. Untuk Ketua komisi I akan dipegang oleh Satria Yudha, ketua komisi II akan dipegang I Ketut Mastrem dan ketua Komisi III diberikan ke I Made Natis.

Pada periode 2014-2019, posisi ketua komisi juga disapu bersih oleh kader PDIP. Sebelumnya, ketua Komisi I ada Jro Bawa, namun karena dia meninggal posisinya digantikan oleh Satria Yudha, lalu Ketua Komisi II Ketut Mastrem dan Ketua Komisi III, Ketut Suastika.

Terpisah Ketua Fraksi PDIP DPRD Bangli, I Ketut Swastika, saat dikonfirmasi mengatakan untuk penunjukan sebagai Ketua komisi masih menunggu keputusan partai dalam hal ini DPC PDIP Bangli. Namun demikian untuk pengisian nama-nama anggota komisi sudah ditetapkan. “Kalau nama-nama yang ditunjuk sebagai Ketua Komisi belum,” jelasnya singkat.

Suastika menambahkan anggota masing-masing komisi, yakni Komisi I bidang Pemerintahan, Kesehatan meliputi Satria Yudha, I Dewa Gede Suamba Adnyana, Ni Wayan Indrawati, I Gusti Nyoman Bagus Triyana Putra, Sang Nyoman Wijaya, Made Joko Arnawa.

Komisi II di bidang Pertanian, Pendidikan, Ekonomi, Sosial, yakni Ketut Mastrem, Kadek Diana, I Wayan Wirya, Nengah Dwi Madya Yani, dan I Nengah Wasana. Komisi III bidang Pembangunan, yakni I Made Natis,  Wayan Karyasa, I Wayan Mertha Suteja, I Ketut Suastika, Putu Arya Astawa, I Wayan Wedana. “Ini nama-nama dari fraksi PDIP saja, PKPI dan Gerindra bergabung bersama di Fraksi PDIP,” imbuhnya. *esa

Komentar