nusabali

1 Siswa SD Tewas Tertimpa Tiang 'Sound System'

  • www.nusabali.com-1-siswa-sd-tewas-tertimpa-tiang-sound-system

Kemah Budaya Berujung Petaka

PADANG PANJANG, NusaBali

Kegiatan Kemah Budaya Nasional 2019 yang digelar di GOR Khatib Sulaiman, Padang Panjang, Sumatera Barat, berujung petaka. Saat gladi bersih sebelum pembukaan yang digelar Minggu (25/8) pagi, tiba-tiba tiang sound system acara itu jatuh dan menimpa lima peserta. Satu di antaranya meninggal dunia.

Korban yang meninggal RRH (12), siswa SDN 03 Guguk Malintang, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Sedangkan empat orang lainnya mengalami luka dan dilarikan ke rumah sakit, yaitu Niesya Defina Putri (11) dan Adina Raisa Claresta (11) yang juga sebagai murid SDN 03 Guguk Malintang.

Korban lainnya adalah Afrirona (27), staf TU di SDN 03 Guguk Malintang dan Afririani (28), guru honorer di SD tersebut.

"Betul satu orang meninggal dan empat lainnya luka-luka akibat insiden jatuhnya peralatan sound system acara itu," kata Kasat Reskrim Polres Padang Panjang, AKP Hidup Mulia seperti dilansir kompas, Minggu (25/8).

Hidup Mulia mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyelidiki insiden itu. Sejumlah saksi dari panitia, event organizer yang memasang sound system itu sudah diperiksa.

"Sejumlah saksi sudah kita periksa. Apakah ada unsur kelalaian yang berakibat meninggalnya seseorang masih kita selidiki," tegasnya.

Wakil Ketua Kwarda 03 Sumbar, Wahyudi Agus mengatakan, Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya salah satu peserta karena kejadian itu.

"Kabar duka juga kami terima, bahwa salah satu adik-adik kita yang berpartisipasi menyukseskan KBN X 2019 menjadi korban dan berpulang ke Rahmatullah. Semoga adik kita tersebut diterima di sisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan menghadapi musibah ini," ujarnya.

Dikatakan Wahyudi pihaknya menyerahkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian. "Terkait robohnya tiang sound system itu, kita serahkan ke pihak berwenang untuk penyelesaian lebih lanjut," kata Wahyudi. *

Komentar