nusabali

Senandung Melodi Merah Putih di Plaza Renon

  • www.nusabali.com-senandung-melodi-merah-putih-di-plaza-renon

Meskipun semarak pekan kemerdekaan telah berlalu, namun tidak demikian halnya di Plaza Renon Pasalnya, semangat kemerdekaan kembali digaungkan melalui rangkaian acara Melodi Merah Putih yang pada Sabtu (24/8/2019) mengadakan lomba menyanyi.

DENPASAR, NusaBali.com
Lomba yang masih dalam rangkaian hari kemerdekaan ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai kategori.  “Untuk lomba kali ini ada tiga kategori, yaitu kategori A dengan usia 6-9 tahun, kategori B usia 10-12, dan C dari usia 13-17 tahun,” ujar Endang Wulandari, selaku penyelenggara lomba di mal yang berlokasi di jantung kota Denpasar ini. 

Sesuai dengan tema kemerdekaan, lagu-lagu yang dibawakan pada ajang tarik suara ini pun merupakan lagu-lagu pujian kepada tanah air. Mulai dari lagu milik  grup band Cokelat ‘Bendera’ yang rasanya wajib ada saat menyambut kemerdekaan, ‘Tanah Airku’ karya Ibu Sud, hingga lagu ‘Indonesia Jaya’ karya Harvey Malaiholo, dan lagu-lagu pujian lainnya.  “Sesuai dengan tema bulan Agustus ini yang merupakan bulan kemerdekaan, lagunya kita sesuaikan dengan tema kemerdekaan. Untuk lagu yang dibawakan tidak ada perbedaan. Perbedaan hanya ada pada tingkat kesulitan saja, karena setiap kategori tingkat kesulitannya berbeda-beda. Tipe suara di tiap tingkat usia pasti berbeda-beda pula,” jelas wanita yang akrab disapa dengan panggilan Mbak Wulan tersebut.

Selain tingkat kesulitan yang berbeda yang menjadi dasar penilaian dalam lomba menyanyi ini, sistem penilaian pada lomba menyanyi kali ini mengadaptasi sistem penilaian musica mundi yang pada umumnya dilakukan pada ajang menyanyi nasional. Jadi tak hanya pada penguasaan panggung dan teknik vokal saja, namun ada beberapa kategori penilaian tambahan. 

Untuk teknik vokal sendiri ada enam faktor yang dinilai, yaitu tarikan nafas, pembentukan vokal, artikulasi vokal, pemenggalan kata, dan vibrasi. Sementara itu, penilaian lainnya juga mencakup musikalitas, yang meliputi pitch control, ketepatan nada, ketukan, improvisasi, dinamika. Faktor terakhir adalah performance alias penampilan saat di panggung, yang meliputi ekspresi wajah, pantomimic, penguasaan panggung, dan fashion. 

Dari total puluhan peserta, Komang Bulan Manohara ditetapkan sebagai juara pertama lomba menyanyi pada kategori A, menyusul Arun dan Melita Rahayusta yang masing-masing menjadi juara pertama pada ketegori B dan C. Sementara itu, Chaela dan Putri Fazareta berhasil meraih juara kedua dan ketiga pada kategori A, bersama dengan Krisna Timothy dan Jazzlyn Dixxie Gloria di kategori B, dan Senja Septiari serta Rahel Juliana pada kategori C. 

“Harapan ke depannya nanti akan ada bibit-bibit baru yang lebih percaya diri, dan saya juga ingin memperlihatkan ke anak-anak yang lain bahwa menyanyi itu asik, sehingga bisa  menjadi hobi baru bagi mereka,” tutup Wulan. *yl

loading...

Komentar