nusabali

Lahan di Jaba Pura Tanjung Sari Padangbai Terbakar

  • www.nusabali.com-lahan-di-jaba-pura-tanjung-sari-padangbai-terbakar

Lahan di jaba Pura Dang Kahyangan Tanjung Sari, di Banjar Segara, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (23/8) pukul 22.17 Wita, terbakar.

AMLAPURA, NusaBali
Pemicunya ada salah seorang warga yang tidak diketahui identitasnya hendak memasak di lahan gersang. Saat api menyala ditinggal ke pantai mencari ikan, kemudian api membakar lahan kering.

Petugas Pemadam Kebakaran Karangasem dipimpin Kadis, I Nyoman Tari, bergerak cepat mengerahkan empat armada diperkuat 17 anggotanya dengan menghabiskan 14.000 liter air untuk memadamkan api. Bendesa Adat Padangbai, I Komang Nuriada, menuturkan pada, Jumat malam ada seorang warga yang tidak dikenali identitasnya menuju ke Pura Dang Kahyangan Tanjung Sari. Kemudian di ujung tanjung atau 50 meter dari candi bentar Pura Dang Kahyangan Tanjung Sari orang tersebut berniat memasak.

Warga yang diketahui tidak punya pekerjaan dan tidak punya tempat tinggal ini awalnya mengumpulkan kayu bakar, setelah cukup kayu bakar kemudian dibakar sebagian.

Sedianya hendak memasak ikan laut, namun setelah membakar kayu ditinggalkan ke pantai berniat menangkap ikan laut. Beberapa saat kemudian, api dengan cepat membesar karena ditiup angin kencang dari arah selatan sehingga lahan kering di jaba pura itu terbakar.

Lahan yang terbakar adalah pohon lamtoro kering, di lahan milik Desa Adat Padangbai sekitar 10 are. Petugas Pemadam Kebakaran Karangasem dengan cepat memadamkan api itu, apalagi dengan mudah dijangkau. "Kebakaran terjadi akibat adanya warga tak diketahui identitasnya membakar kayu bakar hendak memasak," kata Nuriada. Petugas Polsek Kawasan Laut Padangbai dipimpin Kapolsek Kompol I Wayan Suberata juga turut membantu penanganan kebakaran itu. *k16

loading...

Komentar