nusabali

Menkop Puspayoga Buka Rakernas ICSB Indonesia

  • www.nusabali.com-menkop-puspayoga-buka-rakernas-icsb-indonesia

Dihadiri Rai Mantra, Sebut Pertumbuhan UMKM Denpasar Capai 31 Ribu

DENPASAR, NusaBali

Rapat Kerja Nasional Khusus Internasional Council For Small Business (ICSB) Indonesia, Indonesian SMEs: Reaching the Stars dihadiri pelaku UMKM serta koperasi dari seluruh Indonesia berlangsung Jumat (23/8). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga di Inna Grand Bali Beach, Sanur ditandai dengan pemukulan gong. Kegiatan ini juga dihadiri Presiden International Council for Small Business (ICSB) Ahmed Osman, Chairman International Council Small Business (ICSB) Indonesia dan President ICSB Asia, Hermawan Kartajaya,  Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Walikota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diani, dan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara.

Menteri Koperasi dan UKM RI, AAGN Puspayoga  mengatakan, Bali sebagai daerah destinasi wisata dunia mempunyai posisi yang sangat strategis dalam pengembangan UKM. Tentu pariwisata yang berjalan secara baik memberikan secara langsung dampak pada Usaha Kecil Menengah (UKM) diberikan dukungan lewat kreatifitas yang ada.  "Kalau pariwisatanya terangkat, tentunya UKM itu terangkat, sudah pasti. Trading di Bali pasti tinggi. Walaupun produksi dari Jawa misalnya, juga masuk Bali," tambah Puspayoga. ICSB dengan keberadaan di Indonesia melalui Presiden International Council for Small Business (ICSB) Ahmed Osman, dan Chairman International Council Small Business (ICSB) Indonesia dan President ICSB Asia, Hermawan Kartajaya. Tentu ini tidak berjalan gampang, namun harus serius dengan tanggungjawab membangun kemudahan impor. ICSB fokuskan pada ekspor yang telah memiliki jaringan internasional serta didukung dengan program dari pemerintah pusat. “Mari kita manfaatkan program ini dan berfokus pada ekspor yang bisa menumbuhkan peningkatan infestasi dan ekspor, sehingg ICSB hadir di Indonesia sangat strategis,” ujarnya.

Sementara Walikota Rai Mantra mengatakan, keberadaan ICSB di Indonesia sangat strategis sekali serta hal ini menjadi moment penting dalam membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Denpasar. Rai Mantra menyampaikan UMKM di Kota Denpasar dengan akses legalitas cukup dilakukan melalui kecamatan dengan akses konekting langsung ke Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan LPD. Tercatat sampai saat ini di Kota Denpasar terdapat 31.800 lebih UMKM dengan pertumbuhan per tahun mencapai 1.500. “Bagi kami UMKM di Denpasar tidak lagi berbicara legalitas dan permodalan namun pembenahan pada maindset, karena UMKM menjadi tugas kita dalam mendorong dan menciptakannya,” ujarnya.  Lebih lanjut disampaikan dalam menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Denpasar tercatat 4,6 persen jumlah interpreneurship small industry. “Ini menjadi studi kasus kita dan gimana caranya mengembangkan dan membangkitkan UMKM dengan mapping di tataran Pendidikan SMA/SMK dalam memberikan pelajaran small bisnis,” ujarnya. *mis

Komentar