nusabali

Ratusan Pelajar Bersih-bersih Pantai Sanur

  • www.nusabali.com-ratusan-pelajar-bersih-bersih-pantai-sanur

Ratusan pelajar mengikuti aksi bersih pantai di Sanur. Aksi bersih pantai ini digelar sebagai bagian rangkaian kegiatan Sanur Village Festival 2019.

DENPASAR, NusaBali.com
Ratusan pelajar menggunakan pakaian olahraga memenuhi Pantai Segara Ayu, Sanur, Denpasar pada Jumat (23/8/2019) pagi. Setelah mendengarkan pengarahan sebentar, mereka bergegas memunguti sampah di sepanjang bibir pantai yang setiap harinya ramai dikunjungi wisatawan ini.

Para pelajar dari sekolah yang ada di kawasan Sanur tersebut mulai pukul 07.00 WITA memunguti sampah mulai dari sampah plastik, sampah organik, puntung rokok, kertas, kaleng, botol hingga sampah kain. Bersama warga, pelaku industri pariwisata, dan sejumlah pegiat lingkungan lainnya mereka melakukan aksi membersihkan pantai di sejumlah titik di kawasan Sanur.

Meski terpaut perbedaan usia, mereka tetap bersemangat melakukan kegiatan bersih dan membaur dengan relawan lainnnya. Aksi bersih pantai ini digelar sebagai bagian rangkaian kegiatan Sanur Village Festival 2019.

“Ada sekitar 1.200 relawan yang terlibat dalam aksi bersih pantai kali ini. Sebagian besar adalah kalangan pelajar dan pekerja pariwisata. Ada juga warga dan instansi pemerintahan yang ikut bergabung,” kata I Wayan Parka, tim Sanur Village Festival.

Ia mengatakan kawasan Sanur sebagai salah satu ikon wisata yang cukup banyak didatangi wisatawan saat di Bali harus selalu dijaga kebersihan dan keindahannya. “Menjaga kebersihan dan keindahan pantai di Sanur menjadi tanggung jawab semua pihak. Semuanya harus dilibatkan, bukan cuma kewajiban petugas kebersihan saja,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Biro Sosial dan Lingkungan Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) ini.

Pelibatan ratusan pelajar dalam aksi bersih ini, kata Parka, untuk membangun kepedulian pada generasi mendatang terhadap kebersihan dan keindahan pantai sebagai aset di kawasan Sanur. Sejumlah titik pantai di kawasan Sanur menjadi lokasi aksi bersih ini, di antaranya Pantai Mertasari, Pantai Matahari Terbit, Pantai Sindhu, dan Pantai Segara Ayu. Aksi bersih pantai berlangsung hingga pukul 10.00 WITA.*zky

Komentar