nusabali

ACT Distribusikan Air Bersih untuk Enam Banjar

  • www.nusabali.com-act-distribusikan-air-bersih-untuk-enam-banjar

Relawan ACT (Aksi Cepat Tanggap) Cabang Bali berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem distribusikan air bersih ke enam banjar di Desa Datah Kecamatan Abang dan Desa Buana Giri Kecamatan Bebandem.

AMLAPURA, NusaBali

ACT Cabang Bali salurkan air bersih sebanyak 6 tangki. Per mobil tangki dengan kapasitas 5.000 liter. Penyaluran air bersih diawali di Banjar Gula, Desa Buana Giri, Kamis (22/8).

Selanjutnya air bersih didistribusikan ke Banjar Buana Kerta, Banjar Butus, Banjar Kemoning, dan Banjar Poh, Desa Buana Giri. Berikutnya menyasar Banjar Kedampal, Desa Datah. Relawan ACT Cabang Bali bawa mobil tangki ke tempat strategis yang bisa dijangkau seluruh masyarakat. Bahkan warga telah lebih dahulu menunggu di lokasi penyerahan bantuan. Warga rela antre dan relawan menjamin semuanya dapat air. Pendistribusian air menggunakan enam mobil, masing-masing 3 mobil truk yang di dalamnya memuat profile tank dan tiga mobil tangki. “Kami memang punya program membantu warga Karangasem yang kesulitan air bersih di musim kemarau,” ungkap relawan ACT, Rahman.

Diakui, setiap turun ke lapangan elalu berkoordinasi dengan BPBD, Dinas Sosial, kepolisian, dan aparat desa. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengatakan ada permintaan air bersih dari Kecamatan Kubu, Kecamatan Abang, Kecamatan Bebandem, dan Kecamatan Karangasem. “Paling parah memang di Kecamatan Kubu, nanti suplai airnya ke wilayah Kecamatan Kubu,” katanya. Warga Banjar Kedampal sumringah dapat bantuan air bersih. Mereka selama ini beli air Rp 2.000 per ember. “Saya beli air mesti jual babi,” ungkao Made Kasning. Warga mengaku telah 2,5 bulan kesulitan air bersih. *k16

Komentar