nusabali

Gianyar Bangkitkan TPA Pegawai

  • www.nusabali.com-gianyar-bangkitkan-tpa-pegawai

TPA untuk bayi para pegawai ini pernah ada di bekas rumah dinas Bupati Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Dinas Pendidikan (Disdik) Gianyar berencana menghidupkan kembali tempat penitipan anak (TPA). TPA ini diperuntukkan untuk penitipan bayi yang ibunya bertugas sebagai pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar. Hal itu diungkapkan Kepala Disdik Gianyar I Wayan Sadra, Kamis (22/8). Kata dia, tidak menutup kemungkinan, TPA ini dibuka untuk masyarakat umum.

Sebagaimana diketahui, TPA untuk bayi para pegawai ini pernah ada di bekas rumah dinas Bupati Gianyar, kini jadi Sekretariat TP PKK Kabupaten Gianyar. Rencananya, TPA ini akan dibuat lagi di Jalan Manik, tepatnya di belakang atau sisi utara Kantor Bupati Gianyar.  

Meksipun TPA ini pernah ada saat era Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata, Sadra mengklaim TPA yang akan dibuat nanti itu merupakan inovasi dari Bupati Gianyar I Made Mahayastra. ‘’TPA khusus ASN ini memang pernah ada, namun sempat terhenti. Nah sekarang kami bangkitkan lagi," jelasnya. Namun apa masalahnya sampai berhenti, Sadra mengaku tak tahu persis.

Sadra mengakui, TPA ini untuk membantu para pegawai di lingkungan Pemkab Gianyar yang biasa repot permisi dari kantor hanya karena harus mengasuh dan menyusui bayi maupun balita. "Tujuan bapak bupati, agar pegawai yang memiliki bayi, itu tidak perlu jauh-jauh atau ijin pulang untuk menengok dan menyusui bayi, jadi bisa lebih dekat," katanya.

Bangunan untuk TPA akan dirancang serepresentatif mungkin. Sehingga bisa memberi kenyamanan untuk anak, serta ketenangan para pegawai yang menitipkan anak. “ Sekarang kami masih siapkan perencanaan, kemungkinan pada 2020 bangunan untuk TPA ini akan mulai dikerjakan, “ katanya.

Menurut Sadra, lokasi TPA di Jalan Manik, Gianyar, belakang Kantor Bupati Gianyar, cukup strategis karea dekat dengan lingkungan Kantor Pemkab Gianyar. “Tentu bangunannya akan disesuaikan, dan ini masih tahap perencanaan, “ katanya. Sadra menjanjikan, pelayanan di TPA akan menyiapkan perawat khusus anak hingga dokter anak. “Karena bayi yang dirawat usia 0 - 3 tahun atau lebih. Kami akan siapkan SDM terbaik di bidang ini yang bertugas di TPA nanti, “ jelasnya.

Untuk mewujudkan TPA ‘jilid dua’ ini Sadra mengaku sudah berko0ordinasi dengan Dirjen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Pihak Dirjen memberikan dukungan untuk membuat TPA Negeri ini.

Selain untuk pegawai Pemkab Gianyar, TPA ini juga akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Gianyar. Bupati Gianyar, jelas Sadra,  merencanakan TPA ini akan memberikan pelayanan secara gratis. *nvi

loading...

Komentar