nusabali

Koster Dukung Pulau Penyu Jadi KEK Pariwisata

  • www.nusabali.com-koster-dukung-pulau-penyu-jadi-kek-pariwisata

Gubernur Bali Wayan Koster menyambut baik rencana menjadikan Pulau Penyu di Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang kepariwisataan.

DENPASAR, NusaBali

Alasannya, pengembangan KEK tersebut bisa meningkatkan perekonomian Bali, khususnya bagi masyarakat sekitar. Dukungan tersebut disampaikan Gubernur Wayan Koster saat menerima kunjungan jajaran Komisaris dan Direksi PT Bali Turtle Island Development (BTID) di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Komplek Jaya Sabha, Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, Kamis (22/8). Rombongan PT BTID yang berkunjung ke Rumah Jabatan Gubernur Bali kemarin dipimpin langsung Komisaris Utama, I Gede Ardika.

Hadir pula dalam pertemuan kemarin adalah Kepala Bappeda Litbang Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra dan anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Buleleng DPRD Bali, Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack. Kepada rombongan PT BTID, Gubernur Koster meminta agar dalam pelaksanaan pengembangan Pulau Penyu menjadi KEK nantinya memperhatikan keharmonisan lingkungan sekitar, baik alam, budaya, maupun manusianya.

"Saya minta agar memperhatikan masyarakat di sekitar Pulau Penyu tersebut. Intinya, mereka supaya dilibatkan dan ikut merasakan dampak ekonominya," tandas Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga menjabat Ketua DPD PDIP Bali ini.

Sementara itu, Komisaris Utama PT BTID, I Gede Ardika, mengatakan pembangunan kepariwisataan di Pulau Penyu nantinya akan menyelaraskan antara modernisasi dan kearifan lokal Bali. Gede Ardika menyebutkan, sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Bali 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali', pihaknya akan memperhatikan kelestarian pesisir pantai. Termasuk juga akan mengembangkan pusat kesehatan holistik yang melibatkan pengobatan tradisional Bali.

"Pembangunannya berkonsentrasi pada dua hal. Pertama, peningkatan kualitas SDM. Kedua, penggunaan teknologi untuk menciptakan nilai lebih," tegas tokoh pariwisata asal Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Buleleng ini.

Gede Ardika berharap, dengan dikembangkan menjadi KEK, Pulau Penyu nantinya bisa menjadi pusat regional teknologi 5G, yang akan menjadikan Bali sebagai Pulau Cerdas. "Kalau sekarang ada smart city, ini kita bikin intelligent island," terang Gede Ardika yang notabene mantan Menteri Pariwisata di era Presiden Megawati Soekarnoputri 2001-2004. *

Komentar