nusabali

Hanura-Demokrat-Perindo-PKS Bentuk Fraksi Catur Warna

  • www.nusabali.com-hanura-demokrat-perindo-pks-bentuk-fraksi-catur-warna

Fraksi Kelima di DPRD Karangasem Setelah PDIP, Golkar, NasDem, Gerindra

AMLAPURA, NusaBali

Empat (4) parpol papan bawah membentuk Fraksi Gabungan bertajuk ‘Catur Pelangi’ DPRD Karangasem 2019-2024, Kamis (22/8). Keempat parpol tersebut masing-masing Hanura (dengan kekuatan 3 kursi legislatif hasil Pileg 2019 atau kuasai 6,67 persen suara parlemen), Demokrat (2 kursi/4,44 persen suara parlemen), Perindo (2 kursi/4,44 persen suara parlemen), dan PKS (1 kursi/4,44 persen suara parlemen).

Sedangkan 4 parpol parlemen lainnya, membentuk fraksi tersendiri. Pertama, Fraksi PDIP dengan kekuatan 12 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 (kuasai 26,67 persen suara parlemen). Kedua, Fraksi Golkar dengan kekuatan 11 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 (kuasai 24,45 persen suara parlemen). Ketiga, Fraksi NasDem dengan kekuatan 9 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 (kuasai 20,00 persen suara parlemen). Keempat, Fraksi Gerindra dengan kekuatan 5 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 (kuasai 11,11 persen suara parlemen). Hanya saja, hingga Kamis kemarin Fraksi Gerindra belum membentuk kepengurusan.

Terbentuknya Fraksi Gabnungan Catur Warna DPRD Karangasem yang berkekuatan total 8 kursi legislatif ini difinalkan dalam pertemuan di Rumah Makan Mina Carik, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Kamis kemarin. Dalam pertemuan tersebut, pimpinan keempat parpol hadir. Mereka masing-masing Ketua DPC Hanura Karangasem Luh Purnaminingsih, Ketua DPC Demokrat Karangasem I Gede Sumantara, Ketua DPC Perindo Karangasem I Made Suastana, dan Ketua PKS Karangasem Marjuhin.

Dalam pertemuan itu disepakati parpol peraih kursi legislatif terbanyak di DPRD Karangasem hasil Pileg 2019, yakni Hanura, mendapat jatah sebagai Ketua Fraksi Ga-bungan Catur Warna. Jabatan itu dipercayakan kepasa I Wayan Budi, caleg terpilih Hanura yang dalam Pileg 2019 lolos ke legislatif dari Dapil I Kecamatan Karangasem dengan perolehan 2.913 suara.

Terungkap, awalnya Hanura hanya berhasil menggaet Perindo untuk membentuk Fraksi Gabungan DPRD Karangasem 2019-2024 dengan kekuatan 5 kursi legislatif. Namun, setelah dilakukan lobi-lobi, akhirnya Demokrat yang punya 2 kursi legislatif dan PKS yang punya 1 kursi legislatif ikut gabung, hingga terbentuklah Fraksi Gabungan Catur Warna berkekuatan 8 kursi.

"Fraksi Gabungan Catur Warna DPRD Karangasem nantinya siap mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat," ujar Ketuya Fraksi catur Warna, I Wayan Budi, diamini I Wayan Suparta anggota DPRD Karangasem 2019-2024 dari Demokrat.

Fraksi Gabungan Catur Warna sendiri tidak berhak atas jatah jabatan Pimpinan Dewan. Jatah tersebut hanya milik Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi NasDem, dan Fraksi Gerindra. PDIP selaku pemegang suara mayoritas berhak atas jatah jabatan Ketua DPRD Karangasem 2019-2024. Jabatan itu dipercayakan kepada I Gede Dana, politisi asal Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem yang kini Ketua DPC PDIP Karangasem. Sebelumnya, Gede Dana sempat menjabat Ketua DPRD Karangasem 2009-2014, lalu turun kelas menjadi Ketua Fraksi DPRD Karangasem 2014-2019.

Sedangkan Fraksi Golkar, Fraksi NasDem, dan Fraksi Gerindra berhak atas jatah jataban Wakil Ketua DPRD Karangasem 2019-2024. Wakil Ketua Dewan dari Golkar dipercayakan kepada I Nengah Sumardi, politisi asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, yang notabene adik kandung mantan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg. Sebelumnya, Nengah Sumardi sempat menjabat Ketua DPRD Karangasem 2014-2019.

Sementara jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem 2019-2024 dari Fraksi NasDem kabarnya dipercayakan kepada I Gusti Ngurah Gede Subagiarta, new comer yang dalam Pileg 2019 lolos dari Dapil I Kecamatan Karangasem dengan perolehan 6.678 suara. Sebaliknya, posisi Wakil Ketua Dewan dari Fraksi Gerindra diprediksi akan jatuh ke tangan Ida Bagus Adnyana, incumbent yang dalam Pileg 2019 lolos ke legislatif dari Dapil IV Kecamatan Selat-Rendang-Sidemen dengan perolehan 3.434 suara.

Sementara itu, hingga Kamis kemarin Fraksi Gerindra DPRD Karangasem belum membentuk struktur kepengurusan. Menurut Ketua PAC Gerindra Kecamatan Selat, Ida Bagus Adnyana, yang dijagokan sebagai Wakil Ketua Dewan, struktur kepengurusan Fra-ksi Gerindra belum diturunkan oleh DPP Gerindra.

Padahal, kata Gus Adnyana, Sekwan DPRD Karangasem, I Wayan Ardika, telah bersurat kepada partai politik yang memiliki anggotanya di parlemen agar secepatnya membentuk kepengurusan fraksi. Dengan begitu, nantinya bisa disahkan dalam rapat DPRD Karangasem, lanjut membentuk komisi-komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lainnya.

"Sekwan DPRD Karangasem memang telah bersurat, tapi kami dari Gerindra masih menunggu keputusan DPP untuk menentukan ketua fraksi dan kepengurusannya,” jelas Gus Adnyana kepada NusaBali di Amlapura, Kamis kemarin.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Gerindra Karangasem, I Nyoman Suyasa, mengatakan jauh sebelumnya telah dikirim nama-nama 5 anggota DPRD Karangasem dari partainya ke DPP Gerindra. Usulannya ke pusat agar dapat persetujuan sebagai Wakil Ketua DPRD Karangasem dan Ketua Fraksi Gerindra.

"Usulan ke DPP Gerindra satu paket," jelas politisi asal Banjar Perasi Kaler, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem yang kembali dijagokan menjadi Wakil Ketua DPRD Bali 2019-2024 dari Fraksi Gerindra ini. *k16

loading...

Komentar