nusabali

Peserta Jalani Tes Assessment

  • www.nusabali.com-peserta-jalani-tes-assessment

Lelang Jabatan di Pemkab Tabanan 

TABANAN, NusaBali

Sebanyak 18 orang pejabat golongan IIIa setingkat camat, kepala bagian, sekretaris dinas yang lolos seleksi administrasi dalam lelang jabatan di Pemkab Tabanan, menjalani uji kompetensi manajerial dan sosio kultural pada Rabu (21/8). Tes yang digelar di Kantor Bupati Tabanan, dengan penguji dari UPT Penilaian Kompetensi BKD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Uji kompetensi manajerial dan sosio kultural dilakukan dua hari. Rabu (21/8) dilakukan penilaian focus group discussion dengan materi yang sudah ditentukan oleh asesor, dan Kamis (22/8) dilakukan psikometri kepemimpinan sesuai dengan kriteria yang disampaikan oleh asesor.  

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Wayan Sugatra, mengatakan penilaian mendatangkan asesor dari BKD NTB sesuai arahan pusat. Penilaian dilakukan sekitar pukul 11.00 Wita. Seluruh pelamar hadir dan memasang raut muka tenang. “Pelamar seluruhnya hadir tidak ada wajah tegang, mereka tenang dan bergurau,” ujarnya.

Menurut Sugatra, dalam penilaian kompetensi manajerial dan sosio kultural tidak ada sistem gugur. Kalau tes assessment itu pemetaan. Hanya berbicara layak, masih layak, kurang layak. “Kalau seleksi administrasi baru ada sistem gugur,” imbuhnya.

Setelah tahapan tes assessment akan diumumkan hasil seleksi sesuai dengan pleno asesor. Bisa saja dilakukan Kamis (22/8) atau Jumat (23/8). Kemudian baru dilanjutkan dengan tes rekam jejak, tes wawancara, dan penulisan makalah dengan inovasi. “Seandainya dia menduduki jabatan itu apa inovasinya, apa isu strategisnya, bagaimana yang bersangkutan memecahkan persoalan dengan inovasi itu,” beber Sugatra. Sementara jika ada perubahan jadwal maka akan diberitahukan langsung kepada peserta.

Seperti berita sebelumnya, sudah ada 18 pelamar yang akan merebut empat kursi kepala dinas di lingkungan Pemkab Tabanan. Empat kursi kadis yang lowong adalah Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perhubungan, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Adapun 18 pejabat yang merebut kursi empat kadis dan sedang ikut tes assessment adalah, pejabat yang lolos administrasi melamar menjadi Kepala Dinas Perhubungan ada 4 yakni, Camat Selemadeg Timur I Gusti Ngurah Darma Utama, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) I Ketut Suarsana, Kabag Organisasi Setda Tabanan I Gusti Nyoman Suarya, dan Sekretaris Satpol PP Tabanan I Putu Abdi Suprapja.

Sementara 4 pelamar yang lolos seleksi administrasi melamar posisi Kepala Dinas Pariwisata yakni Camat Kerambitan I Gede Sukanada, Camat Tabanan I Putu Arya Suta, Camat Pupuan I Putu Agus Hendra Manik Astawa, dan Camat Kediri I Made Murdika.

Kemudian 4 pelamar yang lolos seleksi administrasi melamar jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan adalah Kabag Humas Setda Tabanan I Putu Dian Setiawan, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika I Wayan Suradigama, Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Tabanan I Nengah Wisnu Wardana, dan Kabag Tata Pemerintahan Setda Tabanan I Wayan Yelada.

Dan sebanyak 6 peserta yang lolos administrasi melamar posisi Kepala Dinas Pendidikan Tabanan adalah Camat Baturiti I Ketut Ridia, Kabag Umum Setwan Tabanan I Nyoman Putra, Sekretaris BKPSDM I Wayan Arimbawa, Kabag Pembangunan Setda Tabanan AA Ngurah Agung Satya Tenaya, dan Wakil Direktur Pelayanan Pengendalian Mutu BRSUD Tabanan Ni Luh Gede Sukardiasih, dan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) I Wayan Sukanrayasa. *des

loading...

Komentar