nusabali

QR Code Semua Pembayaran Diluncurkan

  • www.nusabali.com-qr-code-semua-pembayaran-diluncurkan

QRIS disusun dan dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem  Pembayaran Indonesia (ASPI), dengan menggunakan standar internasional.

DENPASAR, NusaBali

Satu kode implementasi  untuk semua pembayaran yang merupakan  visi sistem pembayaran Indonesia (SPI) 2025  disosialisasikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali. Kode tersebut, ialah QRIS yang merupakan kepanjangan dari Quick Response Code Indonesia Standar.  Pengembangan QRIS dapat digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking.

Kepala Kantor KPWBI Bali Trisno Nugroho menjelaskan,Rabu (21/8) di Kantor KPwBI Bali di Jalan Letda Tantular, Denpasar. “QRIS merupakan salah satu implementasi dari visi sistem pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang memerlukan dukungan inovasi teknologi bagi pengembangan ekonomi dan keuangan digital,” ujarnya.

Dijelaskan QRIS disusun dan dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), dengan menggunakan standar internasional EMV Co.1 untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi kebutuhan spesifik negara sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

Kata Trisno Nugroho, pengembangan  QRIS  mengusung semangat UNGGUL  yakni,’Universal’ yang berarti penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri ‘GampanG’ yang berarti masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

‘Untung’ yang berarti transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. ‘Langsung’ yang berarti transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Untuk tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM) dimana penjual (merchant) yang akan menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran.Untuk diketahui, dalam sistem pembayaran QR Code merupakan interface/ kanal yang menginisiasi transaksi pembayaran dari customer ke merchant via smartphone.

Menurut  Trisno Nugroho, sebelum siap diluncurkan spesifikasi teknis standar QR Code dan interkoneksinya telah melewati uji coba (piloting. Pada tahap pertama  di bulan September hingga November 2018. Sedangkan pada tahap kedua, di  bulan April hingga Mei 2019.

Dijelaskan Trisno Nugroho, QRIS Unggul telah diluncurkan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI yang ke -74 di Kantor KPwBI Bali.  Peluncuran atau grand launching disaksikan perwakilan perbankan yang ada di Bali. Sekaligus dilakukan transaksi oleh karyawan KPwBI Bali, untuk dana sosial. *k17

Komentar