nusabali

Pemkab Klungkung Bangun Ulang Wantilan Terbakar di Penataran Ped

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-bangun-ulang-wantilan-terbakar-di-penataran-ped

Kebakaran Wantilan Reringgitan di Pura Penataran Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, menjadi perhatian serius jajaran Pemkab Klungkung.

SEMARAPURA, NusaBali

Pemkab pun berencana membangun ulang wantilan ini. Hal terungkap Rabu (21/8) malam, saat Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar rapat dengan instansi terkait, guna menyikapi pasca musibah kebakaran tersebut, di ruang kerja Kantor Bupati Klungkung. Namun, berapa anggaran pembanguan itu, belum dipastikan. Karena Pemkab masih menunggu usulan dari pihak pangempon pura.

Bupati Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung akan membantu menangani dalam proses pembangunan wantilan tersebut. Bupati mengharapkan kepada pangempon Pura Penataran Agung Ped untuk membuat perencanaan ulang terkait pembangunan wantilan itu.

Anggaran untuk pembangunan Wantilan Reringgitan itu, Pemkab Klungkung akan membantu dari dana APBD Klungkung. Untuk penggunaan anggaran nantinya, Bupati Suwirta dan instansi terkait masih mencarikan payung hokum. Targetnya, pembangunan wantilan ini segera terwujud, dan dalam merealisasikan dana tersebut tidak terjadi kesalahan di kemudian hari. “Dana yang akan dipakai adalah dana yang berasal dari APBD 2020 atau APBD Perubahan 2020 melalui dana hibah atau dana BKK (Bantuan Keuangan Khusus),” ujarnya. Sedangkan untuk prosesi secara ritual akan diserahkan kepada pangempon Pura Penataran Agung Ped. Turut Hadir dalam rapat tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada, Kepala Badan Keuangan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Klungkung I Dewa Putu Griawan, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Klungkung Anak Agung Gede Lesmana.

Sebelumnya diberitakan, untuk mencari penyebab kebakaran, jajaran Polres Klungkung sudah meminta bantuan Tim Laboratorium Forensik untuk turun ke Nusa Penida, Selasa (20/8). Di hari yang sama, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta juga datang meninjau lokasi kejadian didampingi Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klungkung Putu Widiada. *wan

loading...

Komentar