nusabali

‘Penjor Exhibition’ Meriahkan Sanur Village Festival 2019

  • www.nusabali.com-penjor-exhibition-meriahkan-sanur-village-festival-2019

Sanur Village Festival 2019 menghadirkan kemeriahan ‘Penjor Exhibition’. Puluhan penjor kreasi dipancangkan di sepanjang jalan Jalan Danau Toba, Sanur.

DENPASAR, NusaBali.com
Sanur Village Festival 2019 sebagai festival yang masuk dalam 8 besar kegiatan kalender pariwisata nasional Kementerian Pariwisata RI menghadirkan kemeriahan ‘Penjor Exhibition’ dalam rentetan acaranya.

Pameran penjor digelar sebagai perwujudan komitmen Sanur Village Festival dalam mendukung pelestarian kebudayaan dan tradisi Bali. Puluhan penjor kreasi dipancangkan di sepanjang Jalan Danau Toba, Sanur, Selasa (20/08/2019).

“Penjor merupakan satu persembahan umat manusia kepada Tuhan atas kemakmuran yang telah dilimpahkan. Melalui ‘Penjor Exhibition’ kami berupaya melestarikan nilai-nilai kearifan lokal sekaligus memberikan ruang kreativitas dalam kebersamaan,” ujar Kadek Suprapta Meranggi dari Sanur Village Festival.

Ia melanjutkan semangat kebersamaan inilah yang diharapkan agar terus dipelihara dan dipertahankan dalam hal membangun Sanur ke depan.

Kadek Suprapta menyampaikan penjor yang dipamerkan ini juga dilakukan penilaian. Yang menjadi penilaian utama adalah proses pembuatan, kerapian, dan unsur-unsur keindahan di penjor tersebut. 

Selain itu, pihak Sanur Village Festival menekankan kepada peserta agar dalam pembuatan penjor tersebut mengurangi penggunaan plastik dan lebih mengutamakan unsur alam.

‘Penjor Exhibition’ ini merupakan yang pertama kalinya di Sanur Village Festival dan diikuti oleh 25 peserta. Peserta terdiri dari 12 STT Banjar yang ada di Sanur dan 13 anggota PHRI BPC Kota Denpasar.

Salah satu penjor yang berhasil menarik perhatian adalah penjor yang dibuat oleh Inna Sindhu Beach. Penjor berukuran sekitar 15 meter dengan nuansa kecoklatan ini dalam pembuatannya menghabiskan biaya sekitar 6 juta.

Dwija koordinator penjor Inna Sindhu mengharapkan ‘Penjor Exhibition’ terus digelar di Sanur Village Festival pada tahun-tahun berikutnya. “Ini menjadi daya tarik pariwisata di Bali, terutama Sanur bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,” ucapnya.

loading...

Komentar