nusabali

Pakan Tanpa Antibiotik Bantu Efisiensi Peternak

  • www.nusabali.com-pakan-tanpa-antibiotik-bantu-efisiensi-peternak

Perusahaan global multinasional di bidang makanan dan pertanian, PT Cargill Indonesia meluncurkan seri produk pakan ternak ayam yang disebut bernutrisi meski tanpa antibiotik.

JAKARTA, NusaBali
Country Director PT Cargill Indonesia Ivan Hindarko mengatakan, seri produk pakan ternak ayam ini diberi nama Q Max series, yang termasuk dalam produk seri platinum. 

“Produk ini dibuat karena peternak butuh mengefisiensikan biaya produksi disamping fluktuasi harga telur yang memengaruhi profitabilitas peternak, meski konsumsi cenderung naik,” kata Ivan Hindarko, di Jakarta, Selasa (20/8).

Terlebih, kata Ivan, pemerintah melalui Kementrian Pertanian telah menerbitkan Permentan Nomor 14 Tahun 2017 tentang pelarangan penggunaan antibiotik dalam makanan ayam. Tujuannya untuk menjamin kualitas dan keamanan pangan dari telur yang dihasilkan. Namun, ketika antibiotik tidak digunakan, banyak penyakit bermunculan yang berakibat pada kematian ayam yang tinggi. 

"Kalau dulu kematian normal sekitar 1-2 persen, sekarang kematian di masa rearing (pertumbuhan) bisa sampai 6 persen. Bahkan kalau kena penyakit fatal, mortalitasnya bisa sampai 20 persen," ungkap Ivan. ant

loading...

Komentar