nusabali

Wabup Artha Dipa Gelar Kuis Ikan

  • www.nusabali.com-wabup-artha-dipa-gelar-kuis-ikan

Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, membuka acara Gerakan Gemar Makan Ikan Karangasem 2019 di aula UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Rendang, Banjar Singarata, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa (20/8).

AMLAPURA, NusaBali

Gerakan Gemar Makan Ikan ini melibatkan 200 siswa dari SDN 1 Menanga, SDN 1 Rendang, SDN 4 Rendang, dan SDN 5 Rendang. Acara diisi dengan kuis berhadiah dengan pertanyaan jenis ikan dan manfaat makan ikan.

Usai membuka acara, Wabup Artha Dipa langsung menyampaikan pertanyaan kepada siswa SD. “Lauk yang sering dimasak di rumah?” tanya Wabup Artha Dipa. Para siswa serentak menjawab daging. Menurut siswa makan daging dan ikan sama saja. Wabup Artha Dipa kemudian menerangkan ikan dan daging itu beda. Selanjutnya para siswa diberikan kuis berhadiah dengan pertanyaan jenis-jenis ikan dan manfaat makan ikan.

Sekretaris Dinas Kesehatan I Nengah Widiasa lebih detail menjelaskan manfaat makan ikan sejak bayi dalam kandungan hingga usia sekolah. Makan ikan berfungsi untuk kecerdasan otak dan pertumbuhan fisik agar kuat. Ikan mengandung banyak protein. “Semakin banyak makan ikan, siswa semakin cerdas,” jelas Nengah Widiasa. Makan ikan juga menyehatkan kulit dan rambut, menyehatkan mata, mengurangi risiko kanker, menguatkan struktur tulang, mencegah penyakit jantung, meningkatkan kecerdasan, dan rendah kolesterol.

Kepala Dinas Perikanan, I Ketut Artama, mengatakan gerakan gemar makan ikan digelar rutin setiap tahun. Tujuannya untuk memotivasi para siswa SD agar lebih suka makan ikan. Sebelumnya, setiap acara gerakan gemar makan ikan disertai menyuguhkan aneka masakan jenis ikan. Tahun ini suguhan tidak ada, alasannya kurang anggaran. Acara ini juga dihadiri Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak Priagung Duarsa, Kabag Humas dan Protokol Edy Setiadi Dwijantoro, Kapolsek Rendang AKP I Made Sudartawan, Danramil Rendang Kapten Inf I Nyoman Mangku, serta Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Wiwa Wirawan. *k16

loading...

Komentar