nusabali

Lagi, Jokowi Berbusana Adat Bali

  • www.nusabali.com-lagi-jokowi-berbusana-adat-bali

Ketum PKB, Muhaimin Iskandar, dalam pidato politik pembukaan Muktamar menawarkan ke sejumlah tokoh nasional untuk gabung ke PKB.

Saat Hadiri Muktamar V PKB di Nusa Dua


MANGUPURA, NusaBali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Muktamar (Kongres) V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Nusa Dua, Bali. Sejumlah menteri Kabinet Kerja hingga petinggi partai politik juga turut hadir. Jokowi hadir di lokasi acara Muktamar V PKB di The Westin, Kelurahan Tanjung Benoa, Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Selasa (20/8), pukul 19.20 Wita. Jokowi masuk ke lokasi acara didampingi Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Jokowi tampak mengenakan udeng yang merupakan penutup kepala khas masyarakat Bali. Dia memakai atasan hijau tua serta sarung hijau muda. Pejabat partai politik dan menteri Kabinet Kerja yang turut hadir di antaranya Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum NasDem Surya Paloh, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Ada juga Menristek Dikti M Nasir, Menpora Imam Nahrawi, Menkum HAM Yasonna Laoly, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, dalam pidato politik dalam pembukaan Muktamar V menawarkan kepada sejumlah tokoh nasional yang hadir untuk gabung ke PKB. Muhaimin juga sentil Partai Gerindra yang diundang, namun tidak dihadiri Ketua Umum Prabowo Subianto. Gerindra hanya mengutus Sekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani. Awalnya Muhaimin menyebut satu per satu undangan dan elite parpol. Mulai Presiden Jokowi, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri,  Gubernur Bali Wayan Koster hingga para kader PKB. Di sela-sela menyapa undangan Muhaimin mengaku tidak melihat Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

"Ya Allah Pak Sekjen Gerindra, Ahmad Muzaini juga hadir. Nggak kelihatan. Kalau Pak Prabowo pasti kelihatan," ujar Muhaimin disambut tepuk tangan hadirin.

Muhaimin memang menghidupkan suasana. Karena satu persatu tokoh nasional ditawarkan masuk PKB. Ketua Umum PSI misalnya Grace Natalie ditawari masuk PKB. "Kalau yang cantik-cantik tanpa tiket masuk PKB saja," ujar Muhaimin.

Kemudian Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra, yang hadir dalam Muktamar tak luput disapa Muhaimin. Langsung saja Muhaimin tawarkan mantan Menteri Hukum dan HAM ini gabung ke PKB. "Ini permintaan kader PKB supaya Pak Yusril masuk menjadi kader PKB juga," tegas Muhaimin disambut tepuk tangan hadirin.

Muhaimin juga melontarkan joke atas kehadiran Menteri Kemaritiman, Luhut Binzar Pandjaitan. "Karena Pak Luhut menggunakan peci hari ini saya masukkan Dewan Syuro PKB," ujar Muhaimin yang membuat Luhut juga tertawa.

Dalam pidatonya kemarin Muhaimin menegaskan PKB akan selalu mengawal pemerintahan Jokowi. "Kebersamaan mengawal pemerintahan ini menjadi kebanggaan PKB. Presiden Jokowi menunjukkan wajah kekuasaan yang merangkul. Wajah kekuasaan yang menjaga persatuan. Cara kerja presiden ini ditiru pejabat yang tidak ada jarak lagi dengan rakyat. Kader PKB yang jadi pejabat juga sekarang berubah menjadi melayani. Bukan dilayani. Sesuai dengan Tema Muktamar PKB : Melayani Ibu Pertiwi," kata Muhaimin.

Dalam Muktamar V yang berlangsung pada 20-22 Agustus ini, PKB bakal memilih ketua umum untuk periode 2019-2024. Sejumlah isu strategis juga akan dibahas dalam Muktamar V PKB di Nusa Dua ini. Salah satunya peran PKB di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin lima tahun ke depan. *nat

Komentar