nusabali

Tim Labfor Turun ke Nusa Penida

  • www.nusabali.com-tim-labfor-turun-ke-nusa-penida

Hingga saat ini penyebab kebakaran di wantilan tempat majejahitan di pura itu belum bisa dipastikan.

Selidiki Kebakaran Wantilan Pura Penataran Ped


SEMARAPURA, NusaBali
Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Denpasar, menyelidiki penyebab kebakaran Wantilan di Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Tim turun ke lokasi, Selasa (20/8) pagi.  Beberapa sampel di TKP pun diambil dan akan diuji untuk mengungkap penyebab kebakaran.

Namun hingga saat ini penyebab kebakaran di wantilan tempat majejahitan di Pura Penataran Ped, Senin (19/8) malam itu, belum bisa dipastikan. Dugaan sementara karena korsleting listrik mengingat tidak ada aktivitas di TKP. Upacara Ngusaba Alit di pura ini masih jauh pada Purnama Kapat, 13 Oktober 2019.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Komang Reka Sanjaya mengatakan, penyebab kebakaran tersebut masih dilidiki, beberapa sampel seperti puing kebakaran sudah diambil oleh Tim Labfor. “Kami belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut karena masih diselidiki,” ujarnya.

Sekretaris Panitia Ngusaba Alit di Pura Penataran Ped I Nengah Darmawan, mengatakan pascamusibah itu, dari pamangku, prajuru, panitia maupun pangempon pura, sudah meminta petunjuk kepada sulinggih di Griya Kutampi, Kecamatan Nusa Penida. Sesuai petunjuk sulinggih, Ngusaba Alit bisa tetap dilaksanakan. Lokasi atau TKP kebakaran agar dibersihkan secara niskala dengan pacaruan amanca.

Sebelumnya, sebuah wantilan untuk tempat majejahitan di Pura Penataran Ped, ludes terbakar, Senin malam. Kebakaran diketahui oleh warga di dekat Pura Penataran Ped, sekitar pukul 20.00 Wita. Warga melibat wantilan berukuran 15 meter x 10 meter, dilalap si jago merah.*wan

Komentar