nusabali

Wantilan Pura Penataran Ped Terbakar

  • www.nusabali.com-wantilan-pura-penataran-ped-terbakar

Sebuah wantilan untuk tempat majejahitan di Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, ludes terbakar, Senin (19/8) malam.

SEMARAPURA, NusaBali

Kebakaran ini diduga karena korsleting arus listrik. Dugaan ini diperkuat dengan di lokasi kejadian tidak ada kegiatan. Kerugian sekitar Rp 700 juta.

Informasi yang dihimpun, malam kemarin, kebakaran ini kali pertama diketahui oleh warga sekitar yang sempat melintas dekat Pura Penataran Ped, sekitar pukul 20.00 Wita. Saat itu warga melihat sebuah bangun wantilan  pura berukuran 15 meter x 10 meter, dilalap si jago merah.

Melihat kejadian tersebut, sejumlah krama sekitar bergegas mendatangi lokasi kebakaran untuk berusaha memadamkan api dengan cara manual. Warga juga menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) Klungkung yang disiagakan 1 unit di Nusa Penida.

Beberapa menit kemudian petugas Damkar ke lokasi. Dibantu pesonel Polri/TNI dan masyrakat, petugas berjibaku memadamkan kobakaran api tersebut. Berselang 30 menit akhirnya api mulai dijinakkan. “Yang terbakar sebuah wantilan untuk majejahitan. Penyebab kebakaran, kami belum bisa memastikan,” ujar Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung I Putu Suarta.

Kebakaran melalap habis bangunan wantilan di sisi timur, tepatnya depan Pura Taman (di areal Pura Penataran Ped,Red). Api mudah membakar karena dalam bangunan terdapat banyak barang mudah terbakar yakni jenis jajahitan. Kebakaran makin hebat juga dipicu angin kencang. Kendati demikian kobaran api tidak sampai menyambar bangunan pura.

Camat Nusa Penida Komang Widiasa Putra mengatakan, dirinya dihubungi oleh masyarakat ada kebakaran di Pura Penataran Ped. Dia pun langsung berkoordinasi dengan petugas Damkar di Kantor Camat Nusa Penida. Api sudah bisa dipadamkan pukul 21.30 Wita.*wan

loading...

Komentar