nusabali

170 Ekor Tukik Dilepasliarkan

  • www.nusabali.com-170-ekor-tukik-dilepasliarkan

170 tukik jenis Penyu Lekang, kembali dilepasliarkan di Pantai Tegalbesar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, bertepatan dengan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Pelepasan melibatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali, Resort KSDA Klungkung, Polri/TNI, Tegalbesar Cano Fishing (TCF) dan masyarakat sekitar.

Polisi Kehutanan (Polhut) Resort KSDA Klungkung Anak Agung Gde Kusumayuda, tukik yang dilepasliarkan kali ini sebanyak 170 ekor yang didederkan di tempat konservasi penyu di Tegalbesar, dengan tingkat keberhasilan telor yang menetas 80 persen. Pelepasan ini juga serangkaian moment HUT RI. “Ada instruksi dari pusat telor yang berhasil menetas agar bersamaan dilepasliarkan saat HUT RI,” ujarnya, Minggu (18/8).

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembentukan kepengurusan Tegalbesar Cano Fishing yang diketuai oleh Eka Adnyana, dengan jumlah anggota dari warga Tegalbesar sebanyak 34 orang. Sehingga diharapkan ke depannya mereka bergerak dalam konservasi penyu ini. Maka ketika ditemukan ada telor penyu di pesisir pantai akan diambil oleh warga untuk dikonservasi agar bisa menetas. Tentu tetap berada di bawah pengawasan KSDA. Pihaknya berharap kelompok ini bisa menjadi embrio dalam kelompok pelestari penyu. *wan

Komentar