nusabali

R-Max Ramaikan Pasar Oli di Bali

  • www.nusabali.com-r-max-ramaikan-pasar-oli-di-bali

Dikenal sebagai pabrikan dari Jepang pembuat berbagai filter otomotif, kini Roki Co Ltd menjadi kompetitor berat bagi produsen oli di Indonesia.

DENPASAR, NusaBali.com

Roki Co Ltd yang dikenal sebagai pabrikan filtrasi atau saringan udara dan  saringan oli mesin, sejak tahun lalu mulai memperkenalkan produk oli mesin kendaraan bermotor di Indonesia. Pelumas yang diberi nama R-Max itu pun akhirnya masuk Bali pada awal tahun 2019.

FOTO: Ratusan peserta gatering pelumas R-Max di Hotel Quest Dan Denpasar

“Roki Co Ltd sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1958 memproduksi suku cadang filtrasi untuk berbagai merk kendaraan,” kata Shigeji Tachiki, President Director PT Roki Asia Trading Indonesia, yang memproduksi oli R-Max.

Shigeji mengaku jika Roki Co Ltd merasa ‘gatal’ melihat masih banyaknya oli palsu, oli abal-abal, ataupun oli berkualitas buruk yang beredar di pasaran.  “Karena itulah kami memutuskan memproduksi oli dengan kualitas baik, namun dengan harga yang masih terjangkau,” ungkap Shigeji saat bertemu hamper 200 dealer dan owner bengkel se-Bali di Hotel Quest San Denpasar,  Sabtu (17/8/2019).

Sementara itu Senior Manager PT Roki Asia Trading Indonesia, Johan Djuardi, mengatakan bahwa sejak pertamakali diperkenalkan di Indonesia setahun silam,  R-Max sudah menyebar mulai dari Sumatera hingga Papua. “Namun kami member catatan khusus untuk Bali, karena pertumbuhannya di Bali sangat pesat,” puji Johan.

Diakuinya bahwa bukan saja pertumbuhan kendaraan di Bali yang membuat oli produksinya mampu bersaing, namun konsumen di bali dinilainya tidak fanatik pada sebuah merk, melainkan lebih melihat keunggulan yang ada pada sebuah produk. “Oli R-Max Series dapat digunakan hampir semua merek mobil mulai dari brand Jepang, Eropa hingga Amerika. Sedangkan untuk sepeda motor bisa digunakan merek Honda dan Yamaha,Suzuki  dan Kawasaki,” ujar Johan.

Adapun huruf  ‘R’ merupakan sebutan untuk Roki, sedangkan Max adalah maximum. Dan bila  digabungkan R-Max merupakan kepanjangan dari Roki Maximum. “Ada tiga oli R-Max Series antara lain R-Max-G (Global) yang berarti produknya bisa digunakan untuk sejumlah model kendaraan, R-Max-P (Premium) dimana produk ini dapat digunakan untuk kendaraan premium, serta R-Max R (Racing) untuk kendaraan yang digunakan balapan,” jelas Johan.

Sementara itu di Bali sendiri, distribusi oli R-Max dilakukan oleh PT Antar Nusa Pratama. “Begitu saya ditawari oli ini, saya katakan ya. Karena saya tahu produk olinya sangat bagus,” kata Putu Sunarto, Direktur PT Antar Nusa Pratama yang bermarkas di Jalan Gunung  Tangkuban Perahu 86/109, Padangsambian Kelod , Denpasar.

Sunarto pun merasa antusias dengan perkembangan yang dialami setelah dipercaya sebagai distributor di Bali. “Oli ini masuk Bali bulan Maret 2019, awalnya masih bersifat perorangan. Karena perkembangannya pesat, maka bulan Juni sudah pengajuan Perseroan Terbatas (PT) dan langsung PKP (Pengusaha Kena Pajak, Red),” kata Sunarto.

FOTO: Putu Sunarto, Direktur PT Antar Nusa Pratama

Pengusaha asal Banjar Pengandangan Beringkit, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung ini pun langsung menargetkan penjualan hingga 10.000 liter sampai akhir tahun ini. “Selain pengguna perorangan, kami juga menyasar semua bengkel dan ke depannya juga semua showroom,” ungkap Sunarto.

Hadirnya Roki Co Ltd dengan nama PT Roki Asia Trading Indonesia sendiri merupakan investasi asing yang 100 persen merupakan PMA (penanaman modal asing).  Hadir di 12 negara, pabrikan ini sudah memiliki 22 pabrik, dan dua di antaranya ada di Indonesia, yakni, Karawang dan Cikarang, Jawa Barat.*mao

Komentar