nusabali

Patung Gajah Putih Dari Anyaman Bambu Jadi Ikon Sesetan Karnival III

  • www.nusabali.com-patung-gajah-putih-dari-anyaman-bambu-jadi-ikon-sesetan-karnival-iii

Patung Gajah Putih dari anyaman bambu menarik perhatian wisatawan Sesetan Karnival III. Patung maskot Sesetan ini adalah karya kolaborasi STT di lingkungan Sesetan.

DENPASAR, NusaBali.com
Ada ikon menarik di Sesetan Karnival III 2019 di area Lapangan Arga Coka, Sesetan, Kota Denpasar, (Minggu 18/08/2019). Ikon tersebut adalah patung Gajah Putih yang terbuat dari anyaman bambu.

Diletakkan di pintu masuk, patung anyaman bambu tersebut seketika menjadi perhatian wisatawan yang mengunjungi Sesetan Karnival III 2019. Patung berukuran tinggi sekitar 3,5 meter dengan lebar sekitar2,5 meter ini adalah karya STT di lingkungan Sesetan yang tergabung dalam kelompok seni.

“Patung ini adalah hasil karya anak-anak muda di lingkungan Sesetan yang tergabung dalam kelompok seni dengan maksud menonjolkan ciri khas Sesetan,” kata Made Bagia, Sekretaris LPM Sesetan sekaligus panitia penyelanggara. “Gajah Putih sendiri adalah maskot Desa Sesetan,” jelasnya.

Dibuat menggunakan anyaman bambu, menurut Made Bagia, agar menggunakan bahan yang ramah lingkungan. “Tahun sebelumnya kami masih menggunakan bahan styrofoam yang masih tergolong plastik. Ini juga upaya mengurangi penggunaan bahan plastik sekali pakai sesuai Peraturan Wali Kota Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik,” tutur Made Bagia.

Menariknya, patung Gajah Putih ini dibuat hanya dalam waktu lima hari. “Awalnya tidak ada rencana untuk membuat. 5 hari sebelum acara dimulai baru terbesit untuk dibuat,” ucap Made Bagia.

Dengan waktu yang relatif singkat, Made Bagia mengatakan anak-anak muda Sesetan membuat patung anyaman bambu ini dengan insting dan imajinasi. “Sebelumnya kami membuat sketsanya terlebih dahulu sebagai gambaran, selebihnya ya dengan insting dan imajinasi,” paparnya.

Sesetan Karnival III sendiri digelar dari 15 Agustus hingga 18 Agustus 2019. “Patung ini dipajang selama empat hari berturut-turut selama acara berlangsung karena menjadi maskot Desa Sesetan,” kata Made Bagia.

Ia berharap dihadirkannya patung Gajah Putih berbahan anyaman bambu membuat pengunjung dapat menikmati karya seni dalam bentuk lain di Sesetan Karnival III.

Komentar