nusabali

Parade Budaya Sesetan Karnival III Ramaikan HUT Ke-74 RI

  • www.nusabali.com-parade-budaya-sesetan-karnival-iii-ramaikan-hut-ke-74-ri

Kelurahan Sesetan menggelar pawai budaya rangkaian Sesetan Karnival III. Kegiatan ini ikut memeriahkan HUT Ke-74 RI.

DENPASAR, NusaBali.com
Dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI, Kelurahan Sesetan kembali menggelar pawai budaya yang merupakan bagian dari Sesetan Karnival III, Sabtu (17/08/2019). Pawai budaya dilangsungkan di sepanjang Jalan Raya Sesetan menuju titik akhir di Lapangan Arga Coka, Sesetan, Kota Denpasar. 

Pawai budaya melibatkan ribuan orang dari sejumlah elemen masyarakat Sesetan mulai dari siswa, guru, STT, hingga komunitas. Mereka menampilkan beragam kesenian, baik tarian serta pakaian tradisional.

Tak hanya itu, kelompok  musik tradisional Bali dan drum band turut serta mengiringi pawai. 

Selain atraksi seni dan budaya, dalam pawai ini juga dilangsungkan pembentangan bendera merah putih sepanjang 50 meter. 


Masyarakat pun berbondong-bondong datang memadati sepanjang jalan yang dilalui rombongan peserta untuk menyaksikan.

Made Bagia, Sekretaris LPM Sesetan sekaligus panitia penyelanggara menyampaikan parade budaya ini merupakan agenda tahunan Kelurahan Sesetan bersamaan dengan momen kemerdekaan RI. Tahun ini memasuki tahun ketiga kegiatan ini digelar.

“Konsep pawai budaya kami kemas sangat komplit. Ada banyak daya tarik yang ditampilkan. Nuansa tradisional dan modern disandingkan sehingga saling menguatkan. Dengan konsep seperti ini, beragam tradisi dan budaya akan lestari. Kami memberikan ruang bagi generasi milenial Sesetan untuk berkreasi,” jelas Made Bagia.

Made Bagia mengatakan parade budaya hanyalah salah satu dari serangkaian kegiatan menarik yang ditampilkan. “Di Sesetan Karnival III kami memfasilitasi empat bidang (seni budaya, olah raga, ekonomi dan pendidikan). Parade budaya hanya salah satunya,” paparnya.

Melalui parade budaya ini pihaknya mengupayakan memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menggali potensi, serta melestarikan dan mengembangkan seni budaya di Sesetan. “Kami berupaya maksimal agar kegiatan ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Made Bagia.

Komentar