nusabali

Liverpool Klub Inggris Tersukses

  • www.nusabali.com-liverpool-klub-inggris-tersukses

Klopp Cetak Sejarah di Piala Super Eropa

ISTANBUL, NusaBali
Liverpool sukses menjuarai Piala Super Eropa 2019, setelah menang 5-4 (2-2) atas Chelsea lewat adu penalti, di Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (5/8) dinihari WITA. Hasil itu membawa The Reds menjadi klub Inggris dengan trofi terbanyak di Piala Super Eropaini.

Liverpool mendapat perlawanan sengit dari Chelsea. The Reds ditahan 2-2 The Blues hingga laga sampai 120 menit. Dua gol Liverpool dicetak Sadio Mane pada menit ke-48 dan 95'. Sedangkan dua gol Chelsea oleh Olivier Giroud pada menit ke-36 dan Jorginho menit ke-101.

Skor imbang 2-2 membuat penentuan pemenang dilakukan lewat adu penalti, dan, Liverpool pun menang 5-4. Dari lima eksekutor skuat Si Merah, sukses menjalankan tugasnya. Yakni Roberto Firmino, Fabinho, Divock Origi, Tren Alexander-Arnold, dan Mohamed Salah.

Di sisi lain, dari lima eksekutor Chelsea, hanya Jorginho, Ross Barkley, Mason Mount, dan Emerson yang mencetak gol. Sedangkan bola tendangan Tammy Abraham digagalkan kiper Liverpool, Adrian.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool meraih trofi keempat di Piala Super Eropa. Sebelumnta The Reds pernah juara pada 1977, 2001, dan 2005.  Pada Piala Super Eropa 1977, Liverpool mengalahkan Hamburg SV 7-1, pada 2001 menang 3-2 atas Bayern Munchen, dan pada 2005 mengalahkan CSKA Moskow 3-1.

Hasil itu pun membuat Liverpool menjadi klub Inggris tersukses di Piala Super Eropa. Disusul Manchester United (1991), Chelsea (1998), Nottingham Forest (1979), dan Aston Villa (1982) yang sama-sama meraih satu titel juara.

Sementara sukses membawa Liverpool juara Piala Super Eropa, pelatih Jurgen Klopp pun mengukir sejarah. Ya, Klopp adalah pelatih Jerman pertama yang merengkuh trofi Piala Super Eropa.

Klopp melampaui pencapaian Ottmar Hitzfeld (2001) dan Dettmar Cramer (1975, 1976) yang gagal bersama Bayern Munchen, Otto Rehhagel (1992) bersama Warder Bremen, dan Udo Lattek (1982) saat menangani Barcelona.

Bagi Klopp, ini trofi kedua sebagai manajer Liverpool. Sebelumnya, dia membawa The Reds meraih gelar Liga Champions pada musim lalu.

Sukses Liverpool juga bertambah lengkap setelah pemain sayapnya Sadio Mane, dinobatkan sebagai pemain terbaik (man of the match). Selain mencetak dua gol,  catatan statistik di situs resmi UEFA menunjukkan Mane melepaskan tujuh tembakan yang empat mengarah ke gawang.

Akurasi umpannya mencapai 83 persen dan menorehkan tiga tekel berhasil. Dari empat tendangan Mane yang tepat sasaran, dua di antaranya berbuah gol. *

Komentar