nusabali

Gianyar Ingin Jadi Host Lagi

  • www.nusabali.com-gianyar-ingin-jadi-host-lagi

Kalau Porprov Bali 2021 itu sudah pasti Kabupaten Badung, dengan calon tunggal. Kalau Gianyar bertekad dan akan ngotot pada tahun 2023 kembali menjadi tuan rumah.

Persaingan Tuan Rumah Porprov Bali 2023


GIANYAR, NusaBali
KONI Kabupaten Gianyar mendapat rival berat dalam perebutan host atau tuan rumah Porprov Bali XVI/2023. Setelah jadi tuan rumah Porprov Bali 2017, Gumi Seni kembali bertekad jadi tuan rumah pesta olahraga multi event dua tahunan antar kabupaten/kota di Bali itu. Namun keinginan Gianyar diprediksi tidak akan berjalan mulus. Sebab, KONI Jembrana juga ngotot menjadi tuan rumah Porprov Bali 2023.

Ketua Umum KONI Kabupaten Gianyar, Pande Purwata mengakui keinginan daerahnya menjadi tuan rumah Porprov lagi. Itu juga  tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam hal ini Bupati Gianyar.

"Kalau Porprov Bali 2021 itu sudah pasti Kabupaten Badung, dengan calon tunggal. Kalau Gianyar bertekad dan akan ngotot pada tahun selanjutnya kembali menjadi tuan rumah Porprov," tegas Pande Purwata.

Keinginan kuat itu dibuktikan dengan membangun GOR di masing-masing kecamatan. Termasuk Gianyar juga belum memiliki venue kolam renang berstandar nasional dan internasional. Jadi bagi Gianyar ini kesempatan untuk melengkapi sarana olaharaga tersebut. Sebelumnya Gianyar harus meminjam Badung saat Porprov 2017 untuk kolam renang.

Mantan anggota DPRD Gianyar itu mengakui, ingin mendapatkan manfaat sarana dan prasrana olahraga, sekaligus meningkatkan prestasi atlet. Hal itu yang dirasakan saat jadi tuan rumah Porprov, banyak dibangun venue baru untuk kegiatan Porprov.

Menurutnya, venue itu pasti berstandar nasional, bahkan standar internasional dapat  diwujudkan. Mengapa demikian? Menurut Purwata,  karena bagi Gianyar bagus juga untuk pariwisata.

Purwata juga mengatakan, venue kolam renang akan dibangun di Kecamatan Sukawati. Juga venue menembak juga, karena, sebelumnya harus minjam di Denpasar.

"Bukti keseriusan sebagai tuan rumah Porprov 2023 kami mulai dari sekarang, dengan perlahan membangun venue. Sehingga pada 2023 benar-benar siap. Apalagi cabor bertambah terus," papar Pande Purwata.

Sementara itu, Badung yang yang ditunjuk jadi tuan rumah Porprov Bali 2021 terus mempersiapkan diri. Mereka mulai menyediaaan venue yang akan digunakan, khususnya untuk cabang sepakbola dan tempat pembukaan atau penutupan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Badung I Made Wira Dharmajaya, mengatakan pembangunan olahraga menjadi salah satu prioritas bagi pemerintah. Terlebih sejak awal sudah menjadi salah satu mimpi bupati/wakil bupati demi masyarakat Badung.

“Jadi seluruh program berkelanjutan dirancang harus tuntas pada 2020. Salah satu contohnya pembangunan stadion di Mengwi (Stadion Mengwi),” kata Dharmajaya. *dek

Komentar