nusabali

Demokrat-Hanura Saling Klaim Bentuk Fraksi

  • www.nusabali.com-demokrat-hanura-saling-klaim-bentuk-fraksi

DPC Hanura Karangasem dan DPC Demokrat Karangasem saling klaim telah membentuk fraksi, pasca-pelantikan 45 anggota DPRD Karangasem dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (15/8).

AMLAPURA, NusaBali

DPC Hanura melalui Ketua DPC Luh Purnaminingsih mengklaim telah membentuk fraksi bersama DPC Perindo. Sebaliknya Ketua Bappilu Demokrat I Wayan Suparta juga telah sepakat dengan Perindo, Hanura dan PKS.

Usai acara pelantikan 45 anggota DPRD Karangasem, segenap pimpinan partai yang memiliki anggota DPRD, yang tidak memenuhi syarat membentuk fraksi sendiri mengadakan lobi-lobi.

Ketua DPC Hanura Luh Purnaminingsih misalnya, yang partainya hanya mampu meloloskan 3 kursi, melobi DPC Perindo yang memiliki 2 kursi. Sebab, untuk membentuk fraksi dibutuhkan minimal 5 kursi. "Saya sudah sepakat dengan DPC Perindo, membentuk fraksi. Mengingat dari DPC Hanura jumlah kursinya lebih banyak, maka Ketua Fraksi Persatuan Hati Nurani Karangasem dijabat dari Hanura, yakni I Wayan Budi," jelas Luh Purnaminingsih.

Di bagian lain, Ketua Bappilu DPC Demokrat I Wayan Suparta mengaku telah berkomunikasi dengan DPC Hanura, DPC Perindo dan PKS. "Saya sudah berkomunikasi intensif membentuk fraksi gabungan empat partai, sehingga kekuatannya 8 kursi," jelas politisi  asal Banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Ketika dikonfirmasi, DPC Hanura telah bergabung dengan DPC Perindo, membentuk satu fraksi. "Ah, siapa bilang, saya sudah sepakat, saya bicara dengan Sekretaris DPC Hanura," bantahnya.

Sedangkan Bendahara DPD Golkar Karangasem, I Komang Mustika Jaya dihubungi, mengaku belum membentuk fraksi, padahal sebagai pemenang kedua Pileg 2019, berhasil meraih 11 kursi. "Belum ada rapat pleno, fraksi belum terbentuk," katanya.

Sedangkan DPD NasDem Karangasem jauh sebelumnya telah menetapkan I Made Agus Kertiana sebagai Ketua Fraksi NasDem, sesuai kesepakatan peraih suara nomor dua berhak menduduki jabatan itu. Sebab, peraih suara tertinggi di NasDem berhak atas kursi Wakil Ketua DPRD, yakni dipegang I Gusti Ngurah Gede Subagiartha.

Sedangkan Ketua DPRD Karangasem sementara I Gede Dana mengatakan, secara resmi belum terbentuk fraksi. "Nanti, kami dari DPRD bersurat ke partai-partai yang memiliki kursi di DPRD, agar membentuk fraksi. Setelah fraksi terbentuk agar dilaporkan ke DPRD, kemudian disahkan melalui rapat," jelas I Gede Dana, yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem.

Di DPRD Karangasem dengan 45 kursi, hanya berpeluang ada lima fraksi. Empat partai yang bisa membentuk fraksi sendiri: PDIP dengan 12 kursi, Golkar dengan 11 kursi, NasDem dengan 9 kursi, dan Gerindra dengan 5 kursi.

Tinggal menunggu kesepakatan partai-partai yang tidak memenuhi syarat membentuk fraksi sendiri, yakni: Hanura dengan 3 kursi, Perindo dan Demokrat dengan 2 kursi, dan PKS dengan 1 kursi. Keempat partai itu tidak mungkin mampu membentuk dua fraksi gabungan.

Sementara itu, dalam acara pelantikan anggota DPRD Karangasem sumpah jabatannya diambil Ketua PN Amlapura Gede Putra Astawa, juga disaksikan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Kajari Amlapura Joko Budi Darmawan, Kapolres AKBP I Gusti Ngurah Agung Ade Panji Anom, Dandim Karangasem Letkol Inf Bima Santoso, Plh Sekda I Made Sujana Erawan, dan undangan lainnya. *k16

Komentar