nusabali

Antrean Truk Tembus 3 Kilometer

  • www.nusabali.com-antrean-truk-tembus-3-kilometer

Puluhan truk harus antre untuk menyeberang ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Antrean panjang terjadi akibat imbas proyek renovasi dermaga Mobil Bridge (MB) II di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. 

NEGARA, NusaBali
Selain renovasi dermaga, operasi kapal barang atau LCT juga berkurang karena dimodifikasi menjadi semi Kapal Motor Penumpang (KMP) jelang pemberhentian LCT pada akhir Desember 2015.

Informasi di lapangan, truk berukuran besar baru diperbolehkan jalan pada malam hari. Truk yang antre tampak berbaris hingga pertigaan Cekik atau sekitar 3 kilometer dari Pelabuhan Gilimanuk. Antrean panjang baru terurai pada Kamis (5/11) sekitar pukul 09.30 Wita. “Kemarin malam paling banyak, sampai di pertigaan Cekik. Memang biasa kalau tiap malam truk ngantre, tapi tidak terlalu panjang. Cuma sekarang MB II sedang direnovasi makanya makin panjang antreannya,” ujar salah seorang petugas keamanan di Pelabuhan Gilimanuk, Kamis kemarin. 

Sementara Supervisi Regu I ASDP Unit Pelabuhan Gilimanuk, I Made Jana, mengatakan, antrean truk pada malam hari semakin parah selama proses renovasi Dermaga MB II. Antrean truk ini diperkirakan akan terjadi selama satu bulan ke depan, mengingat akan dilanjutkan dengan renovasi Dermaga MB I yang ditarget selesai awal Desember nanti. “Hanya khusus truk saja yang antre. Kalau KK (kendaraan kecil) sejenis mobil pribadi sama sepeda motor tidak ada pengaruhnya. Walaupun ada peralihan dari penutupan bandara, jumlahnya juga tidak seberapa,” katanya.

Selain perbaikan dermaga, faktor penghambat kelancaran arus truk juga dikarenakan berkurangnya jumlah LCT yang melayani penyeberangan truk besar. Sejak Rabu (4/11), hanya ada 10 dari 12 LCT yang biasanya beroperasi di Dermaga LCM. Sedangkan di Dermaga MB I dan Ponton, dioperasikan 6 KMP. “Jadi ini memang pengaruh dari LCT yang berkurang, selain dermaga direnovasi,” tambahnya.

Dikatakan, setelah dermaga MB I dan MB II selesai direnovasi, antrean truk akan terpecahkan. Dengan renovasi dan pengangkatan kapasitas dermaga, antrean truk maupun KK pada hari-hari tertentu akan bisa diminimalisir. Manager Usaha ASDP Unit Pelabuhan Gilimanuk, Sugeng Purwono mengatakan, saat penutupan Bandara Ngurah Rai ada permintaan mengawal penyeberangan orang-orang penting dari Gilimanuk ke Ketapang. Di antaranya Wakil Presiden India, Muhamad Hamid Ansari serta Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta. Namun permintaan dibatalkan, mengingat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sudah mulai dibuka Kamis siang.  

Efek Penutupan Bandara bagi Penyeberangan Gilimanuk-Ketapang

Waktu Penumpang Kendaraan
Senin (2/11) - Selasa (3/11) 963 orang 583 Unit
Selasa (3/11) - Rabu (4/11)   966 orang 515 Unit 
Rabu (4/11) - Kamis (5/11) 1.023 orang 813 Unit

Komentar