nusabali

KPK Roadshow Sosialisasi Anti Korupsi di Gianyar

  • www.nusabali.com-kpk-roadshow-sosialisasi-anti-korupsi-di-gianyar

Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI ‘Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’ tiba di Kabupaten Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Rombongan yang dipimpin Penasehat KPK RI, M Tsani Annafari, Direktur PJKAKI, Sujarnako diterima Bupati Gianyar, I Made Mahasyastra, Wakil Bupati Gianyar, A A Gde Mayun, Sekda Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, Forkopimda, serta pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Gianyar di Lapangan Astina Gianyar, Rabu (14/5).

Di Lapangan Astina, rombongan disuguhkan deretan mobil pelayanan keliling dari berbagai instansi yang ada di Kabupaten Gianyar. Mulai dari pelayanan Mobil Matra, Mobil Pelayanan Desa Sehat Dinas Kesehatan, pelayanan KTP Keliling dari Disdukcapil, Perpustakaan Keliling dari Dispusar, Mobil Layanan Pajak dari BPKAD, Mobil Pelayanan dan Mobil Pembinaan KB dari BPP&KB, Mobil Pelayanan BLK dari Disnaker, pelayanan SIM keliling dari Polres Gianyar, layanan Gerai Pelayanan Publik dari Kejari Gianyar, Pemadam Kebakaran dari Dinas PolPPDamkar, serta pelayanan publik keliling lainnya. Selain mobil pelayanan keliling, Tim juga disuguhkan berbagai produk kerajinan yang ada di Kabupaten Gianyar serta kuliner khas Gianyar.

Begitu juga anak-anak dari kalangan SD, SMP, SMA/SMK nampak begitu antusias mengikuti edukasi yang diberikan oleh Tim KPK tentang antikorupsi yang diramu dengan game berhadiah seputar antikorupsi. Seusai melakukan peninjauan di Lapangan Astina, kegiatan kemudian dilanjutkan di Balai Budaya Gianyar.

M Tsani Annafari mengatakan, Kabupaten Gianyar merupakan kabupaten/kota ke-14 dari 28 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang akan dikunjungi Bus KPK. Selain sebagai ajang sosialisasi dan edukasi, kegiatan ini juga dalam rangka menampilkan sisi lain dari KPK, serta memperkenalkan antikorupsi sebagai konsep yang menyenangkan dengan didasari oleh nilai-nilai luhur.

“Saya sempat searching google tadi. Kalau di ajaran agama Hindu, kita kenal dengan Tri Kaya Parisudha. Kesatuan antara pikiran, perkataan dan perbuatan. Karena itulah dasar dari sikap antikorupsi. Kalau kita sudah punya nilai-nilai yang mulia, maka sekarang bagaimana kita menjalankannya secara konsisten,” kata Tsani Annafari.

Bupati Gianyar, I Made ‘Agus’ Mahayastra, menyampaikan Kabupaten Gianyar selama lima kali berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, karena memiliki kinerja pengelolaan keuangan daerah yang cukup baik.

“Ini merupakan kemajuan yang luar biasa. Dari dulu kita mendengar KPK adalah bagaimana penindakan yang didahulukan. Sekarang, mereka mengumpulkan anak-anak SD memberikan edukasi dari kecil sudah dibudayakan hidup jujur, karena jika diutamakan penindakan tidak akan selesai,” kata Mahayastra. Roadshow Bus KPK di Kabupaten Gianyar dilaksanakan selama dua hari, 14-15 Agustus 2019. *nvi

loading...

Komentar