nusabali

DPRD Jembrana Sepakat Bentuk 5 Fraksi

  • www.nusabali.com-dprd-jembrana-sepakat-bentuk-5-fraksi

Gerindra belum bisa ambil sikap soal nama ketua fraksi, karena belum adanya rekomendasi maupun informasi dari DPP.

Hanya Gerindra yang Belum Putuskan Ketua Fraksi


NEGARA, NusaBali
Sehari pasca dilantik, Ketua DPRD Jembrana Sementara 2019-2024, Ni Made Sri Sutharmi, langsung menggelar Rapat Paripurna Internal Dewan terkait kesiapan pembentukan fraksi, Rabu (14/8). Dalam rapat mengemuka pembentukan 5 fraksi dari 7 parpol yang memperoleh kursi parlemen, yakni Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi gabungan Demokrat dengan Hanura, dan Fraksi gabungan PKB dengan PPP. Pembentukan 5 fraksi itu rencananya akan ditetapkan, Jumat (16/8) nanti, sembari menunggu keputusan Gerindra yang belum menentukan jabatan Ketua fraksinya.

Dalam Rapat Paripurna Internal sejak pukul 10.00 Wita hingga pukul 14.30 Wita ini terungkap 4 dari 5 fraksi sudah langsung memunculkan nama ketua fraksi mereka yang didominasi wajah lama. Ketua Fraksi PDIP adalah I Ketut Sudiasa, Bendahara DPC PDIP Jembrana yang juga mantan Ketua Fraksi PDIP 2014-2019. Lalu Ketua Fraksi Golkar, I Made Sabda, Ketua Pengurus Kecamatan (PK) Golkar Melaya yang juga mantan Wakil Ketua Fraksi Golkar 2014-2019.

Ketua Fraksi Gabung Demokrat-Hanura, I Ketut Catur, Sekretaris DPC Demokrat Jembrana yang juga mantan Ketua Fraksi Demokrat Sejahtera (gabungan Demokrat dengan PKS) periode 2014-2019. Terakhir Fraksi Gabungan PKB-PPP, memunculkan nama H Muhmad Yunus, Ketua DPC PKB Jembrana yang juga mantan Ketua Fraksi Kebangkitan Nasional (gabungan PKB dan NasDem) 2014-2019.

Sedangkan dari Fraksi Gerindra yang terdiri dari 4 orang anggota, belum menentukan ketua fraksinya. Pasalnya, penjelasan para anggota dewan dari Gerindra, belum ada rekomendasi maupun informasi dari DPP Gerindra sebagai penentu keputusan jabatan ketua fraksi. Karena belum siap nama, maka pembentukan fraksi belum ditetapkan dan akan kembali dibahas melalui rapat, Jumat (16/8) nanti.

Ketua Dewan Sementara, Ni Made Sri Sutharmi, dihubungi seusai rapat kemarin mengatakan dalam rapat perdana anggota DPRD Jembrana periode 2019-2024 itu membahas sejumlah agenda kerja, terutama pembentukan fraksi. “Tadi memang sudah ada pembahasan untuk fraksi. Tetapi belum ditetapkan, karena dari Gerindra belum ada nama ketua fraksinya, ya kami tunda dulu” ujar srikandi PDIP dari Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, yang juga sudah pasti akan menjadi Ketua DPRD Jembrana definitif periode 2019-2024 ini.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Jembrana, I Kade Darma Susila, belum dapat dikonfirmasi, Rabu kemarin. Namun sebelumnya, saat ditemui di sela-sela menghadiri pelantikan DPRD Jembrana 2019-2024, Selasa (13/8), dia mengaku belum menerima keputusan dari induk partainya mengenai rekomendasi jabatan ketua fraksi Gerindra maupun Wakil Ketua II DPRD Jembrana. *ode

loading...

Komentar