nusabali

Polda Pasang Bendera Terpanjang 1.945 Meter di Jatiluwih

  • www.nusabali.com-polda-pasang-bendera-terpanjang-1945-meter-di-jatiluwih

Melibatkan 1.100 Personel, Kapolda Bakal Baca Puisi

TABANAN, NusaBali

Polda Bali bikin kegiatan heboh membentangkan bendera Merah Putih dengan panjang 1.945 meter dan lebar 1 meter, serangkaian peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2019. Bendera terpanjang sjagat berukuran 1.945 meter x 1 meter tersebut akan dipasang jajaran Polda Bali di DTW Jatiluwih, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Rabu (14/8) pagi ini.

Kapolres Tabanan, AKBP I Made Sinar Subawa, menerangkan kegiatan spektakuler pemasangan bendera Merah Putih dengan panjang 1.945 meter di DTW Jatiluwih, Rabu pagi ini pukul 08.00 Wita, akan dipimpin langsung Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose. Ada 1.100 personel kepolisian yang akan dilibatkan dalam pemasangan bendera super panjang tepat di bawah Restourant Gong Jatiluwih tersebut.

Untuk memantapkan acara tersebut, seluruh divisi kesatuan Polda Bali sudah melakukan gladi pemasangan bendera sepanjang 1.945 meter di DTW Jatiluwih, Selasa (13/8) pagi. Bahkan, 1.100 personel yang akan dilibatkan dalam pembentangan bendera tersebut juga ikut gladi kemarin.

"Ide kegiatan pemasangan bendera Merah Putih dengan panjang 1.945 meter ini merupakan gagasan langsung dari Kapolda Bali, serangkian peringatan  HUT ke-74 Kemerdekaan RI,” jelas AKBP Sinar Subawa.

Menurut AKBP Sinar Subawa, kegiatan pemasangan bendera super panjang ini rencananya akan dimasukkan dalam Museum Rekor Indonesia (Muuri), sebagai bendera terpanjang. Penghargaan Muri akan diserahkan langsung kepada Kapolda Bali seusai kegiatan pemasangan bendera di DTW Jatiluwih, pagi ini. "Kegiatan ini sudah didaftarkan dan akan masuk rekor Muri,” tandas AKBP Sinar Subawa.

AKBP Sinar Subawa menyebutkan, kegiatan di DTW Jatiluwih, Rabu pagi ini, murni hanya melakukan pembentangan bendera Merah Putih. Tidak ada dilakukan upacara bendera dan lainnya. Nah, untuk menghidupkan suasana, akan diselipkan lagu saat pembentangan bendera. Selain itu, ada pembacaan puisi yang dilakukan langsung Kapolda Petrus Golose.

Ini untuk kedua kalinya Polda Bali bikin pembentangan bendera spektakuler. Sebelumnya, Polda Bali juga pasang bendera Merah Putih sepanjang 400 meter dengan lebar 4 meter di tebing Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, 14 Agustus 2017, sebagai wujud kecintaan NKRI dalam rangkaian peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI. Pemasangan bendera kala itu juga mendapat peng-hargaan Muri.

Pembentangan bendera Merah Putih ukuran 400 meter x 4 meter di dinding sisi selatan tebing Pantai Pandawa sore itu pukul 16.00 Wita, melibatkan sekitar 100 orang pemanjat tebing dari pihak kepolisian dan Basarnas. Bendera dipasang pada ketinggian sekitar 10 meter. Pemasa-ngan bendera memakan waktu 5 menit.

Selain membentangkan bendera Merah Putih, juga dilakukan Ikrar Kebangsaan dan kagiatan lainnya bernuansa Merah Putih di Pantai Pandawa. Ikrar Kebangsaan dilakukan setelah bendera Merah Putih dipasang. Ikrar Kebangsaan dibacakan langsung oleh Kapolda Petrus Golose, yang diikuti selurh peserta berpakaian merah putih dan masyarakat yang datang menyaksikannya.

Senior Manager Muri (waktu itu), Awan Rahargo, yang hadir langsung di Pantai Pandawa, mengatakan pemasangan bendera terpanjang 400 meter merupakan pemecahan rekor Muri kategori superlatif. Sebelumnya, tidak pernah ada pemasangan bendera Merah Putih di dinding tebing yang panjangnya mencapai 400 meter. “Ini rekor Muri kategori superlatif. Ini merupakan yang pertama kali bendera Merah Pu-tih super panjang dipasang di tebing. Ini bukan hanya rekor terpanjang di Indonesia, namun sekaligus memecahkan rekor dunia,” papar Awam Rahargo kala itu. *des

loading...

Komentar