nusabali

Dilanda Kelelahan, Indonesia ke Semifinal

  • www.nusabali.com-dilanda-kelelahan-indonesia-ke-semifinal

Kekurangan internal tim menjadi faktor beratnya lawan Laos. Ritme permainan Timnas U18  agak berbeda dibanding sebelumnya. Hal itu akibat kelelahan dan kurangnya jam istirahat, terutama pada pemain yang usai cedera.

Fachri Anggap Laos Enggan Keluar Menyerang


HO CHI MINH CITY, NusaBali
Gol bunuh diri pemain Laos membawa timnas U-18 Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-18. Pada laga di Stadion Thong Nhat Kota Ho Chi Minh, Senin (12/8), Indonesia menang 2-1 atas Laos lewat perjuangan dramatis di babak kedua.

Meski unggul dan ke semifinal, namun tim Garuda Nusantara mendapat pelajaran berharga dari hambatan di lapangan, seperti dipaparkan pelatih Fachri Husaini. Menurut Fachri, lawan bertahan hingga sulit sekali ditembus para pemain kelelahan kurang istrirahat.

“Mereka (pemain Laos) betul-betul defensif  dan tidak keluar dari area pertahanan," ujar Fachri, saat ditanyai evaluasi laga keempat penyisihan Grup A itu.

Setelah melalui babak pertama tanpa gol, Indonesia sempat menelan kekecewaan kala gawang Ernando Ari Sutaryadi dibobol pemain Laos Alounnay Lounlasy menit ke-69. Indonesia mencetak gol penyeimbang melalui serangan lincah Amiruddin Bagus Kahfi (71).

Kemenangan Indonesia dicetak pada menit ke-90+1', melalui gol bunuh diri Anoulack Vannalath. Berawal dari umpan silang, bola mengarah ke Bagus Kahfi. Namun Bagus gagal menjangkau bola dan mengecoh bek Laos. Lalu bola sepakan Anoulack mengarah ke gawang sendiri, hingga kedudukan 2-1 sampai laga usai.

Pada laga itu Indonesia harus mengakui pertahanan Laos jauh berbeda dibandingkan tiga lawan sebelumnya, yaitu Filipina, Timor-Leste, dan Brunei Darussalam, yang mampu dibobol di menit awal babak pertama.

Selain faktor pertahanan lawan yang kuat, kekurangan internal tim juga jadi faktor beratnya pertandingan tersebut. Menurut Fachri, ritme permainan anak asuhnya agak berbeda dibanding sebelumnya yang dinilai akibat kurangnya jam istirahat, terutama pada pemain yang usai cedera.

"Meski sudah dirotasi dan istirahat tapi menurut saya masih kurang. Makanya di babak pertama saya instruksikan tidak main dengan tempo tinggi karena suhunya juga sedang panas," kata Fachri.

Kemenangan ini membuat tim Garuda Nusantara mengukuhkan diri di puncak klasemen Grup A dengan 12 poin. Pada laga terakhir penyisihan Grup A, Indonesia U-18 akan menghadapi Myanmar, Rabu (14/8). *ant

Komentar