nusabali

1.614 Ilmuwan Muda Dipastikan Hadir

  • www.nusabali.com-1614-ilmuwan-muda-dipastikan-hadir

Pimnas diharapkan menjadi cikal bakal kelahiran invensi dan inovasi dari kalangan mahasiswa yang dapat dikembangkan dan dibina menuju produk skala industri.

Pimnas ke-32 yang Digelar di Unud pada 27-31 Agustus


DENPASAR, NusaBali
Universitas Udayana (Unud) siap menyambut 1.614 ilmuwan muda dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 tahun 2019. Ajang bergengsi tingkat nasional ini akan diselenggarakan pada 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Kampus Unud, Bukit Jimbaran.

Peserta Pimnas ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terdiri dari 70 perguruan tinggi negeri, dan 56 perguruan tinggi swasta. Mereka akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah dan dinilai oleh 71 orang juri.

Kesiapan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar, serta Rektor Universitas Udayana Raka Sudewi.

Ainun Na’im mengucapkan selamat atas terpilihnya Unud menjadi tuan rumah PIMNAS ke- 32. Ainun mengungkapkan penyelenggaraan PIMNAS ini dapat dimanfaatkan Unud untuk membangun reputasi dan bagi mahasiswa Unud untuk membangun jejaring kerja dan pertemanan.

“PIMNAS ini ajang kompetisi nasional dalam hal IPTEK serta kreativitas lainnya. Ini merupakan ajang bagi Unud untuk membangun dan mengembangkan reputasinya, juga ajang bagi mahasiswa sebagai 'liaison officer' untuk membangun jejaring dengan berkomunikasi dan berinteraksi dengan para peserta baik peserta PIMNAS maupun tamu-tamu,” ucap Ainun, dalam keterangannya, Senin (5/8/2019).

Ainun melanjutkan kegiatan PIMNAS diharapkan menjadi cikal bakal kelahiran invensi dan inovasi dari kalangan mahasiswa yang dapat dikembangkan dan dibina menuju produk skala industri. “Kami berharap tentu ini menjadi acara yang sukses yang mendukung visi Kementerian untuk menghasilkan generasi kompeten dalam mengisi pembangunan,” ujarnya.

Dirjen Belmawa Ismunandar dalam kesempatan sama mengungkapkan penyelenggaraan PIMNAS ke 32 di bulan Agustus turut menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tema yang diangkat dalam PIMNAS ke-32 sangat erat kaitannya dengan tema HUT ke-74 RI yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju. Tema PIMNAS ke-32, yakni “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan” ujarnya.

“Konteks tahun ini bertepatan dengan HUT ke-74 RI yang bertemakan SDM Unggul, Indonesia Maju. Jadi penyelenggaraan ini sangat relevan spiritnya dengan HUT RI tersebut. PIMNAS itu (menjadi) upaya kita dalam membangun SDM Unggul dan utuh dalam arti mahasiswa berkompetisi tidak dalam kemampuan hard skill saja, tetapi juga soft skill tetapi juga aspek-aspek terkait leadership, komunikasi, presentasi juga sangat dituntut. Itu pun dijadikan aspek penting dalam penilaian,” terang Ismunandar.

Dia pun menjelaskan bahwa PIMNAS menjadi ajang penanaman jiwa nasionalisme untuk mahasiswa. Mereka diajarkan untuk memikirkan dan menyelesaikan masalah-masalah bangsa agar semakin cinta tanah air. “Kami pun tidak lupa dalam setiap kegiatan kemahasiswaan, bingkai kebhinekaan selalu menjadi hal yang ditekankan. Mereka berpengetahuan tetapi tidak lupa akan akar kebangsaan kita. Mereka tidak boleh lupa misi kita sebagai bangsa. Dapat dilihat dari simbol PIMNAS lima lidah api yang berarti bahwa lima nilai Pancasila selalu menjadi jiwa kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Unud mengatakan sebagai tuan rumah, Unud telah mempersiapkan segala fasilitas pendukung dengan maksimal agar penyelenggaraan PIMNAS dapat berjalan dengan baik.

“Kami telah mempersiapkan segalanya mulai dari infrastruktur IT, ruang kelas presentasi, ruang lomba poster dan gelar produk PKM, akomodasi, penginapan, konsumsi, transportasi, serta hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan. Unud pun siap memfasilitasi para peserta dengan disabilitas,” ujar Rektor Unud Raka Sudewi.

Pembukaan PIMNAS ke-32 akan digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park Badung, Bali, pada Selasa (27/8/2019) malam yang akan dibuka oleh Menteri Ristekdikti. Acara pembukaan akan diramaikan dengan pergelaran seni budaya bertajuk “Satu dalam Kebhinekaan”. Sementara itu, acara penutupan dan pengumuman juara rencananya akan digelar di Taman Budaya Art Centre Denpasar, Jumat (30/8). *

Komentar