nusabali

Sapi Jokowi Berulah, Warga Cedera

  • www.nusabali.com-sapi-jokowi-berulah-warga-cedera

Warga Dusun Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul menyembelih sapi sumbangan Presiden Jokowi di Masjid Nurma'unah.

GUNUNG KIDUL, NusaBali

Sapi seberat 1,1 ton tersebut sempat memberontak saat akan disembelih hingga mencederai seorang warga. Pantauan detik, sesampainya di Masjid Nurma'unah, warga langsung melilitkan tali tampar berwarna oranye pada tubuh sapi berjenis simmental. Selanjutnya, dengan teknik tertentu, belasan warga langsung menarik tali tersebut hingga sapi jatuh ke lantai.

Setelah terjatuh di lantai, warga langsung berupaya mengikat kaki sapi tersebut. Selanjutnya warga mulai menempatkan kepala sapi pada sebuah lubang yang berfungsi menampung darah saat penyembelihan.

Namun, karena ukuran tubuh sapi yang sangat besar dan sempat memberontak, membuat warga harus mengeluarkan tenaga ekstra saat menempatkan sapi tersebut. Bahkan, karena pergerakan sapi yang sulit diprediksi, membuat salah seorang warga terkena tendangan saat berusaha menarik tali yang melilit kaki sapi tersebut.

Akibat tendangan kaki sapi, pria berkaus hitam itu tersungkur di lantai. Beruntung pria tersebut tidak mengalami luka parah dan hanya mengalami luka di kaki sebelah kanan.

Ketua Takmir Masjid Nurma'unah, Sumarno, mengatakan bahwa khusus penyembelihan sapi sumbangan Presiden Jokowi melibatkan belasan warga. Hal itu karena ukuran sapi yang sangat besar.

"Ini tadi ada sekitar 12 orang yang ikut menjagal sapi (sumbangan Jokowi), karena sapinya cukup kuat tadi," ucapnya saat ditemui di Masjid Nurma'unah, Dusun Watugilang B, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Minggu (11/8) siang.

"Selain itu, tadi sempat terhambat karena alat yang kurang kuat, tapi alhamdulilah proses penyembelihan bisa dilaksanakan," imbuh Sumarno.

Terkait satu orang yang mengalami cedera saat proses penyembelihan, Sumarno menuturkan bahwa korban hanya mengalami cedera ringan pada kaki sebelah kanan. Menurutnya, hal itu terjadi karena salah posisi saat menarik tali yang melilit sapi tersebut.

"Satu orang terluka karena tadi salah posisi (saat menarik tali yang melilit sapi sumbangan Presiden Jokowi), dia mengalami cedera ringan pada kaki kanan," ucapnya.

Sumarno menambahkan, bahwa daging sapi sumbangan Presiden Jokowi ini akan dibagikan kepada ratusan warga. "Dagingnya nanti akan dibagikan ke 350 warga yang berada lingkungan Masjid (Nurma'unah). Terus daging kurban (sapi sumbangan Jokowi) juga kami bagikan ke luar Watugilang B, karena ada 13 proposal yang masuk ke kami," ucapnya.

Bupati Kabupaten Gunungkidul, Badingah berharap agar daging kurban sumbangan Presiden Jokowi ini dapat didistribusikan ke seluruh warga yang betul-betul membutuhkan.

"Semoga daging kurban ini bisa dibagikan secara merata ke warga yang tidak mampu," katanya saat ditemui di Masjid Nurma'unah.  *

Komentar