nusabali

Metatah Massal di Banjar Tangsel

  • www.nusabali.com-metatah-massal-di-banjar-tangsel

Banjar Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, menggelar metatah massal pada Minggu (11/8).

JAKARTA, NusaBali

di Pura Parahyangan Jagat Guru. Rencananya, metatah massal akan dihadiri oleh senator asal Bali, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III atau lebih dikenal dengan sebutan AWK. Plus tokoh-tokoh lainnya.

"Minggu nanti kami melaksanakan metatah massal. AWK akan hadir," ucap Ketua Panitia Pelaksana Metatah Massal Banjar Tangsel, Ketut Suada kepada NusaBali. Sebagai Ketua, Ketut Suada berharap umat banjar Tangsel banyak yang ikut serta.

Sebab, metatah merupakan kewajiban yang harus dijalani orangtua kepada anaknya yang telah beranjak dewasa. Dimana gigi taring dan gigi seri diratakan. Adanya metatah massal tersebut, juga meringankan para perantau di luar Bali.

Lantaran meski mereka tidak berada di Pulau Dewata, mereka bisa melaksanakan metatah secata bergotong royong di banjar Tangsel. Walhasil metatah menjadi ringan dan efisien, karena berlangsung selama satu hari saja.

Adanya metatah di banjar Tangsel menambah jumlah banjar di provinsi Banten yang pernah menggelar metatah massal. Pada November 2018 lalu, banjar Tangerang menggelar metatah massal se provinsi Banten di Pura Kertajaya, Tangerang.

Hasilnya banyak umat yang mengikuti. Kala itu ada 134 orang. Saat menjalani prosesi, mereka didampingi orangtua masing-masing. Diharapkan saat metatah di banjar Tangsel pun, akan banyak yang mengikuti upacara tersebut. *k22

Komentar