nusabali

26 Ekor Hewan Kurban Bantuan Pemkab Dicek Kesehatan

  • www.nusabali.com-26-ekor-hewan-kurban-bantuan-pemkab-dicek-kesehatan

Jajaran petugas Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehawan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, memeriksa kesehatan 26 ekor hewan kurban berupa 21 ekor kambing dan 5 ekor sapi bantuan Pemkab Jembrana, Jumat (9/8).

NEGARA, NusaBali

Pemeriksaan hewan yang disediakan oleh pedagang hewan kurban di Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, itu dilakukan jelang penyerahan bantuan hewan kurban tersebut, Sabtu (10/8).

Pengecekan kesehatan terhadap puluhan ekor hewan kurban bantun Pemkab, itu dipimpin langsung Kepala Bidang Keswan Kesmavet Jembrana pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, drh I Wayan Widarsa. Dalam pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, Jumat kemarin, merupakan pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan luar, dengan memeriksa gigi, mata, lidah, hidung, rongga mulut, termasuk keseluruhan fisik hewan kurban tersebut.

Menurut Widarsa, ada beberapa penyakit yang biasa menyerang sapi ataupun kambing. Seperti penyakit penyakit keringat darah atau dikenal bernama penyakit Jembrana serta penyakit diare pada sapi, termasuk penyakit saluran pernafasan yang biasa terjadi pada kambing. Namun untuk seluruh hewan kurban bantuan Pemkab Jembrana, ini tidak ada indikasi terserang sejumlah penyakit tersebut. “Untuk hewan kurban bantuan Pemkab, sudah bagus kesehatannya,” ucapnya.

Saat Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada Minggu (11/8) nanti, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat-tempat pemotongan hewan kurban. Sesuai data, ada 61 lokasi se-Jembrana, seperti Masjid, Mushola, maupun Pondok Pesantren, yang akan pemotongan hewan kurban. “Nanti akan kami sebar tim untuk melakukan pemeriksaan di 61 lokasi itu. Di masing-masing Kecamatan, kami punya 3 sampai 4 orang petugas,” ungkapnya.

Selain pemeriksaan antemortem, saat pemotong hewan kurban nanti, juga sekalian dilakukan pemeriksaan postmortem atau pemeriksaan terhadap bagian oragan dalam, untuk memastikan daging kurban yang akan dibagikan, itu benar-benar layak konsumsi. *ode

loading...

Komentar