nusabali

Target Kunjungan Wisatawan Diturunkan Jadi 6 Juta

  • www.nusabali.com-target-kunjungan-wisatawan-diturunkan-jadi-6-juta

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Badung menurunkan target kunjungan wisatawan tahun 2019.

MANGUPURA, NusaBali

Semula target kunjungan tahun 2019 dipatok 6,8 juta, naik dari 6,5 juta pada 2018. Namun, kini Dispar hanya menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 6 juta.

Kepala Dispar Badung I Made Badra, menyebut banyak faktor yang mempengaruhi, sehingga diputuskan memangkas target kunjungan wisatawan. Badra mengatakan, saat ini terjadi tren penurunan wisatawan. Sebab, kota-kota besar di Indoensia juga menggenjot sektor pariwisatanya, sehingga mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Bali, khususnya Badung.

“Mau tidak mau karena daerah lain juga menjual pariwisatanya, sehingga secara langsung mempengaruhi kunjungan wisatawan,” katanya, Kamis (8/8).

Badra mengatakan, perubahan anggaran promosi pariwisata di Badung juga dipangkas. Alhasil, Dispar tak bisa melakukan promosi ke luar negeri untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan. “Kita tidak melakukan kegiatan promosi, kegiatan festival di luar negeri dan yang lain. Jadi otomatis kita merevisi juga target kunjungan,” tegas Badra.

Anggaran promosi ke luar negeri yang tersisa hanya untuk sales mission ke London pada November 2019. “Untuk anggaran kami belum pastikan. Yang jelas tahun ini di perubahan kita ke London saja (menggelar promosi pariwisata, Red),” tegas Badra yang juga Plt Kadis Perikanan Badung.

Ditanya soal program sales mission ke luar negeri lainnya, Badra memastikan batal. “Seperti Festival Indonesia di Moskow (Rusia) sekarang kita tidak ikut, karena masalah anggaran. Mungkin akan kita anggarkan tahun depan,” ungkapnya. Padahal, imbuhnya, event tersebut sangat penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali.

Namun, pihaknya mengaku akan kembali menganggarkan promosi ke luar negeri seperti sebelumnya pada 2020 mendatang. Harapannya kunjungan wisata ke Bali khususnya Badung kembali meningkat. “Promosi itu juga sangat penting untuk peningkatan kunjungan. Makanya, tahun depan kita akan ajukan lagi anggarannya,” tandas Badra. *asa

Komentar