nusabali

Tim Juri LSS Nasional Nilai TK Saraswati

  • www.nusabali.com-tim-juri-lss-nasional-nilai-tk-saraswati

Tim juri Lomba Sekolah Sehat (LSS) Nasional menilai Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Setia, TK Saraswati Sukawati, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar, Rabu (7/8).

GIANYAR, NusaBali

TK ini bersaing sebagai duta Bali melalui tiga program UKS/M yaitu pendidikan sehat, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Tim Pembinan LSS Tingkat Nasional dipimpin Dra Jananantari MPd, beserta rombongan diterima Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Bali, Drs AA Gede Geriya MH, didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Gianyar Ngakan Darma Jati, Kadis Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra, Kepala Sekolah TK saraswati Sukawati  Nanik Sundari SPd dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkab Gianyar.

Gubernur Bali dalam sambutannya dibacakan Karo Kesra Setda Provinsi Bali Drs AA Gede Geriya MH mengatakan, UKS/M telah memainkan peranan penting dalam membentuk kesadaran untuk meningkatkan kesehatan peserta didik. UKS merupkan salah satu matan rantai yang penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan yang sangat rentan dan rawan terhadap berbagai ancaman penyakit. Pihaknya sangat mengapresiasi pada tim pembina UKS/M Kabupaten/Kota, kecamatan sehingga mampu melahirkan program-program UKS/M yang inaovatif dan produktif. “Program UKS/M jangan hanya dipandang sebagai kegiatan ekstrakurikuler, tetapi bisa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar di sekolah,” tegas AA Gede Geriya.

Asisten Ahli Bidang Pemerintah dan Kesra, Ngakan Darma Jati mengatakan, di Kabupaten Gianyarprogram UKS/M lebih diarahkan pada anak-anak sekolah sebagai subyek dan obyek pembangunan agar mereka mampu memberikan kontribusi dalam bidang kesehatan di Kabupaten Gianyar. Hal ini tercermin pada keberadaan kader UKS, dokter kecil dan kader kesehatan remaja. Keseluruhan kegatan UKS/M menurut Ngakan Darma Jati yang dilakukan di tingkat sekolah tentunya juga merupakan implementasi dari Germas yang bertujuan mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif gaya hidup sehat.

Kepala Sekolah TK Saraswati Sukawati Nanik Sundari menjelaskan UKS/M Setia TK Saraswati Sukawati sudah lebih dari tiga tahun menjalankan program-programnya. Dengan motto solid, tangguh, inovatif dan empati secara tidak langsung sudah mendukung program Pemkab Gianyar menjadi Kabupaten Layak Anak. Melalui program UKS/M yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat memliki kekhasan yaitu dilakukan dengan sesuai tingkat pencapaian anak khususnya anak di usia dini.*nvi

Komentar