nusabali

Hari pertama FLS2N, Gianyar Juara Lomba Pantomim

  • www.nusabali.com-hari-pertama-fls2n-gianyar-juara-lomba-pantomim

Serangkaian Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Bali, lomba pantomim tingkat SD digelar di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Bali pada Senin (5/8/2019)

DENPASAR, NusaBali.com

Lomba pantomime yang diadakan serangkaian FLS2N ini menampilkan bakat-bakat dari 9 peserta tingkat SD yang merupakan perwakilan dari seluruh kabupaten/kota di Bali. Sebelumnya, para peserta telah berjuang dari perlombaan tingkat gugus, kecamatan, dan kabupaten sebelum mencapai tingkat provinsi. 

Dilakukan secara rutin setiap tahunnya, lomba pantomim dan lomba-lomba seni lainnya dilaksanakan dengan tujuan agar anak-anak muda dapat melestarikan seni dan budaya sejak dini. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Drs. Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, M.Si.

“Ini ajang atau wahana bagi anak-anak kita dalam rangka turut melestarikan seni dan budaya. Saya apresiasi baik anak-anak mau pun para pembina yang telah sampai ke tahap ini,” ujarnya. 

Serangkaian dengan tema FLS2N tahun ini yaitu ‘Seni membentuk kepekaan rasa terhadap lingkungan lokal dan global’, lomba pantomim tahun ini menampilkan cerita dengan beragam tema, mulai dari ‘Aku dan Alam’ dan ‘Aku dan Teknologi’ yang memiliki makna tersirat dan tujuan edukasi untuk penonton yang menyaksikan perlombaan tersebut. 

Tak main-main, diawali dengan persiapan untuk lomba tingkat gugus hingga berjuang untuk sampai ke tingkat provinsi, para peserta telah memulai latihan cukup lama, yaitu dimulai dari bulan februari lalu. Selama ini, para peserta telah melalui banyak perjuangan. 

“Kita perjuangan dari awal banyak dramanya. Mulai dari ketidakcocokan dengan musik, gerakan, dan menyesuaikan diri dengan dua pelatih yang berbeda. Untungnya anak didik saya sudah talented dari sananya, jadi pelatih juga tinggal mengarahkan saja. Kebanyakan memang anak didik saya yang mencari inspirasi sendiri,” ujar pelatih peserta perwakilan Kabupaten Badung, Putu Mega Utami yanti. 

Sementara itu, anak didiknya, Putu Dananjaya, mengaku degdegan “Sudah pernah tampil di atas panggung sebelumnya, tapi masih saja degdegan,”kesannya. 

Adapun rangkaian lomba yang berlansung selama 3 hari ini (5-7 Agustus 2019) lomba ini menobatkan I Made Buwana Ari Putra perwakilan dari kabupaten Gianyar sebagai juara pertama lomba pantomim tingkat SD se-Bali, yang kemudian akan mewakili Provinsi Bali dalam FLS2N tingkat nasional yang akan di selenggarakan pada bulan September mendatang. Sementara itu, turut menyusul pula I Gede Agus Trisna Wedana sebagai perwakilan Kabupaten Bangli dan I Kadek Panji Pinanda Kusuma yang merupakan perwakilan Kota Denpasar sebagai juara kedua dan ketiga dalam lomba pantomim lomba Pantomim tingkat SD se-Bali. *yl

Komentar