nusabali

Polres Tabanan Siapkan Bantuan Air Bersih untuk Warga

  • www.nusabali.com-polres-tabanan-siapkan-bantuan-air-bersih-untuk-warga

Mengantisipasi kekurangan pasokan air bersih di tengah musim kemarau ini, Polres Tabanan siap membantu menyalurkan air bersih sampai tingkat banjar.

TABANAN, NusaBali
Sekarang sudah disiapkan mobil Dalmas Sabhara dengan kapasitas 6 ton air menggunakan mobil Dalmas Sabhara. Air sebanyak 6 ton tersebut dipastikan bisa mencukupi kebutuhan satu banjar secara gratis.

Kasat Sabhara Polres Tabanan AKP I Kadek Ardika mengatakan, inisiatif membantu warga dengan pasokan air bersih saat musim kemarau datang dari Kapolres. Ide tersebut sudah lama diwacanakan namun baru diumumkan ke publik.

“Inisiatif dari Pak Kapolres langsung, walapun sekarang di Tabanan tidak kekurangan air. Ini semacam antisipasi sebab di daerah lain pasokan air bersih berkurang,” ujar AKP Ardika ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/8).

Menurut AKP Ardika, air yang disiapkan untuk membantu warga bersumber dari PDAM. Sudah ada mobil Dalmas dengan kapasitas air 6 ton siap memasok air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan. Dari kapasitas 6 ton ini, satu banjar bisa dibantu air bersih. “Kami bantu khusus air bersih, untuk masak dan mandi. Sebab di dalam mobil ini ada pengaturannya semacam komputer. Kalau air kotor masuk, tidak bisa mobil ini menerima,” tegasnya.

Untuk mendapat bantuan tersebut, masyarakat yang memerlukan air bersih bisa menghubungi nomor 0361-8311021, tanpa birokrasi. Tinggal sebutkan alamat dan nama jelas penelepon. “Kalau sudah benar kami siap kirim air secara gratis. Sebab dari sekarang air sudah kami isi di dalam kendaraan. Air kami isi tiap malam dengan waktu 5 jam supaya penuh,” beber AKP Ardika.

Tetapi sejak diinfokan ke publik, belum ada masyarakat yang memerlukan air bersih. Ada masyarakat yang menelepon, tetapi minta bantuan air untuk mengairi sawah. “Kalau untuk sawah kami belum bisa bantu. Bantuan khusus untuk pasokan air bersih saja,” jelasnya.

Tak hanya itu jika masyarakat memerlukan bantuan untuk kebencaan. Seperti memerlukan bantuan memperbaiki jalan ataupun membantu memperbaiki rumah akibat terdampak gempa, Polres Tabanan lewat anggota Sabhara siap membantu. “Kami siapkan bantuan 1 regu dengan jumlah 10 orang anggota,” tandas AKP Ardika. *des

Komentar